Batang Dikotil

Posted on

Kali ini rumus.co.id akan mengulas artikel tentang Batang Dikotil – lengkap dengan pengertian, contoh, gambar, ciri – ciri dan struktur yang terdapat dalam golongan pada tanaman supaya mudah di pahami.

Batang Dikotil – Adalah sebuah struktur Batang yang terletak pada tanaman dengan lapisan yang berfungsi untuk pertumbuhan batang dan tumbuhan yang memiliki kandungan kambium, Sehingga hal ini dapat berlangsung dengan pertumbuhan dari berbagai jenis tanaman, lansung saja simak ulasan artikel kami dibawah ini.

Pengertian Dikotil

Batang-Dikotil

Dikotil adalah bagian dari batang yang sangat penting dari tanaman yang ada di permukaan tanah dengan pertumbuhan strain yang dimulai pada strain institusi yang ada di dalam batang.

Maka Batang Dikotil adakan diproses dari pertumbuhan batang itu sendiri yang dimulai pada titik pertumbuhan dengan kandugan apikal (ujung) dari posisi tanaman.

Batang akan mendukung tubuh tanaman dan menghubungkan akar dengan daun dan memiliki lebih dari satu jumlah daun yang terdapat pada Batang dalam tanaman yang disesuaikan dengan tempat tinggalnya.

Dalam hak ini juga tanaman dasarnya memiliki struktur anatomi yang sama dengan bagian-bagian tanaman menjadi dua kategori berdasarkan pengelompokan tanaman dikotil itu sendiri.

Baca Juga: Pembelahan Meiosis

7 Struktur Batang Dikotil 

Batang Dikotil  adalah salah satu organ yang terdapat pada tanaman yang dapat bertindak sebagai pendukung tanaman sebagai peresapan air dan mineral dari akar ke seluruh tubuh.

Batang akan terus tumbuh karena dipengaruhi faktor pertumbuhan internal dan faktor pertumbuhan eksternal yang membuat tumbuhan akan menjadai kuat sebagai pendukung.

Berikut beberapa Struktur batang Dikotil diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Epidermis

Epidermis

Epidermis adalah sebuah pedikel yang terdiri dari lapisan sel yang tersusun rapat tanpa jarak sedikitpun antara sel dan kutikula yang dapat membentuk jaringan epidermis akan selalu aktif membelah untuk mengimbangi pertumbuhan batang.

Epidermis akan berfungsi pada lapisan sebagai pelindung terhadap risiko infeksi patogen atau mekanis dengan jaringan endodermal yang dapat diubah menjadi lentisel dengan oksigen dan karbon dioksida.

Batang tanaman dikotil memiliki lapisan endodermik dalam bentuk kulit kayu yang terbentuk dari jaringan gabus yang dapat menembus jaringan yang memiliki celah dalam bentuk sel Lenti untuk mempertahankan pertukaran gas.

Baca Juga: Hewan Herbivora

2. Korteks

Korteks adalah salah satu jaringan parenkim dikotat korteks yang dapat dikonversi ke jaringan yang akan berfungsi sebagai lokasi penyimpanan cadangan makanan.

Jaringan lain di korteks adalah jaringan Kolenkin untuk penguatan tanaman yang memiliki dinding tipis dan diatur secara tidak teratur dengan jarak yang cukup antara sel-sel.

Sel Korteks memiliki jaringan sclerenkim sebagai jaringan penguatan di korteks serebral batang yang tidak memiliki jaringan penguat di timus.

3. Stele ( Silinder Pusat )

Stele Ini adalah salah satu lapisan yang ada di dalam lapisan endodermik yang akan berfungsi prasasti untuk memberikan kekuatan batang dengan kandungan kambium dan jaringan transportasi.

4. Kambium

Kambium

Kambium adalah sebuah struktur yang dapat diamati pada kambium, denan jaringan pada tanaman dikotil dengan beberapa kambium dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah.

  • Kambium Pembuluh ( Vascular Cambium )

Merupakan sebagai pembatas dari kulit kayu, yang terletak pada bagian kayu dari dan batang pohon dengan membetuk jaringan floem di luar.

Berikut kandungan kambium diantaranya.

A. Kambium intravaskular ( kambium vaskular )

Yaitu kambium dengan sel pengangkut yang terletak di antara xilem dan floem dengan fungsi sebagai bagian luar membentuk floem sekunder dan bagian yang akan membentuk sekunder.

B. Kambium intervasikular

Hal Ini adalah kambium yang terkandung di antara dua bundel dengan pengangkut atau di luar bundel sebagai tahapan membentuk tanda jari.

Baca Juga: Hewan Karnivora

5. Kambium Gabus ( Felogen / Phellogen )

Kambium Gabus ( Felogen / Phellogen ) adalah salah satu produksi jaringan gabus pada lapisan periderm yang terletak sebagai untuk mengontrol penetrasi air.

Kambium Gabus akan mudah berkembang ketika terbentuk menuju lapisan gabus sebagai phelloderm. dalam sel-sel baru di kambium mendorong sel-sel kortikal menuju epidermis.

Jaringan gabus sendiri terdiri dari sel-sel yang dilapisi dengan suberin (zat gabus) dengan kandungan air atau udara sebagai lapisan pelindung untuk interior lainnya.

Pemahaman lapisan feloderm sel-sel yang hidup dengan jaringan gabus ini berarti bahwa udara yang dapat menembus secara bebas ke dalam sel-sel hidup di dalamnya, sebagai pertumbuhan batang sekunder yang akan terjadi pada tanaman dikotil.

6. Empulur

Empulur

Empulur adalah salah satu struktur sumsum dicotil dari aktivitas kambium yang akan membentuk sebagai batang sehingga bisa menjadi referensi bagi alam yang dapat mengukur umur tanaman dengan membetuk lingkaran yang terbentuk sebagai lingkaran sel.

Empulur dapat menunjukkan bahwa tanaman berumur satu tahun akan dipengaruhi oleh kadar air yang tinggi di musim hujan dengan kandungan kambium tumbuh lebih cepat oleh warna-warna cerah dan lebar.

Baca Juga: Hewan Mamalia

7. Jaringan Pengangkut

Jaringan-Pengangkut

Jaringan Pengangkut pada batang adalah sebuah struktru jaringan yang mentransfer hasil fotosintesis dari daun yang terdiri dari sel-sel mati dan didukung oleh sel-sel denan metabolisme sel floem.

Jaringan Pengangkut ini dapat menyerap air dan mineral yang berlawanan sebagai batang yang dapat mengangkut air dan mineral dari akar ke daun, sehinga akan diperlukan untuk mendukung proses pertumbuhan dan metabolisme lainnya.

Nah demikian lah yang dappat kami sampaikan pembahasan tentang Batang Dikotil, lengkap dengan contoh dan gambar, semoga artikel yang singkat ini dapat berguna dan bermanfaat sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Hewan Vertebrata