Basis Data Adalah

Posted on

Basis Data Adalah – Apabila kita mempunyai lemari arsip yang bertugas untuk mengelolanya, maka hal tersebut memungkinkan kita akan melakukan sesuatu mengenai pengumpulan file yang akan disimpan.

Basis Data Adalah

Misalnya seperti mengelompokkan arsip tersebut, meletakkan sesuai dengan abjad atau nomor serta meletakkan file tersebut di lemari dalam urutan tertentu. Nah, kira-kira seperti itulah perumpamaan sebuah basis data.

Bagi kalian yang sudah berkecimpung di dunia IT, tentunya sudah tidak asing lagi jika ditanya mengenai istilah tersebut. Namun, hal ini tentunya jauh berbeda dengan orang awam. Karena, mereka merasa bahwa Database ini sangat asing di telinga mereka.

Pada penjabaran dalam artikel kali ini, Rumus.co.id akan menjelaskan mengenai Basis Data dengan hal-hal yang terkait didalamnya.

Basis Data Adalah?

Pada dasarnya, Basis Data terdiri dari dua kata, yaitu dari kata Basis yang berarti tempat penyimpanan atau gudang dan juga Data yang berarti kumpulan file-file atau catatan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa Database (Basis Data) adalah kumpulan berbagai jenis data atau informasi yang secara sistematis disimpan dan diatur dalam komputer.

Sehingga data tersebut dapat diperiksa, diproses maupun diedit menggunakan program yang ada di dalam komputer dalam rangka untuk mendapatkan informasi dari basis data tersebut.

Dengan kata lain Database adalah kumpulan data dimana terdapat lebih dari satu tabel ditautkan, yang mana setiap pengguna diberi hak akses untuk menggunakannya, misalnya seperti Edit, Dokumen, Perbarui, dan lainnya di beberapa tabel ini.

Jenis – Jenis Basis Data

Di bawah ini terdapat beberapa jenis dari Database beserta dengan penjelasannya, yaitu diantaranya adalah :

1. Relational Database

Database Relasional merupakan jenis dari basis data yang paling sering digunakan. Dimana dalam database jenis ini semua data disimpan dalam beberapa tabel data yang saling berhubungan satu sama lain.

Sehingga memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses dan juga mencari informasi secara bersamaan dengan memakai tabel yang berbeda.

2. Distributed Database

Database Distribusi merupakan salah satu jenis database yang berfungsi untuk menyampaikan, menyebarkan atau mendistribusikan sebuah data atau informasi secara menyeluruh.

Akan tetapi, data-data tersebut tetap terhubung satu sama lain dan juga masih bisa diakses secara bersamaan. Umumnya database jenis ini sering digunakan dalam perusahaan yang mempunyai cabang.

3. Database Eksternal

Eksternal Database merupakan salah satu jenis basis data yang banyak sekali digunakan dalam kepentingan komersial. Umumnya, database ini bersifat publik, sehingga hal ini memungkinkan semua orang dapat mengaksesnya dengan mudah.

4. Operational Database

Database Operasional adalah salah satu jenis basis data yang memiliki kemampuan untuk menyimpan sebuah data secara rinci untuk mendukung kegiatan operasional dalam suatu organisasi serta berisikan informasi yang bisa diakses oleh semua anggota dari organisasi tersebut.

Baca Juga :
Komponen Komputer
Pengertian Komputer
Pengertian Sistem Multimedia

Fungsi Dari Database

Sebagian besar orang masih berpikir bahwa database hanyalah kumpulan data dan juga informasi. Padahal sebenarnya, database mempunyai beberapa fungsi lain yang bisa membuat pekerjaan seseorang lebih mudah.

Berikut ini merupakan fungsi lain dari Database, yaitu diantaranya adalah :

  • Digunakan untuk mengkategorikan data sehingga dapat lebih mudah diidentifikasi, digunakan, dan dipahami oleh pengguna.
  • Untuk menghindari duplikasi data dan ketidakkonsistenan. Jika data yang dimasukkan sudah ada dalam database, komputer umumnya segera memberitahu pengguna bahwa data telah dimasukkan, sehingga menghindari duplikasi data.
  • Sederhanakan akses, simpan, edit, dan hapus data.
  • Mempertahankan kualitas data dan informasi sehingga data tetap sama, pada saat masuk dan setelah masuk data tidak rusak atau hilang ketika disimpan dalam database.
  • Sebagai solusi dalam penyimpanan data konvensional yang memakan banyak ruang. Penggunaan database ini menjadi lebih praktis karena file dapat disimpan secara digital untuk mengurangi konsumsi kertas dalam jumlah besar.
  • Berfungsi untuk mendukung kinerja sebuah aplikasi yang memerlukan penyimpanan data untuk membuatnya dapat bekerja secara optimal.

Komponen – Komponen Dalam Basis Data

Di dalam sebuah database terdapat beberapa komponen-komponen yang menyusunnya, yaitu diantaranya adalah :

  1. Hardware adalah perangkat keras komputer yang dipakai dalam penyusunan basis data. Terdapat beberapa unsur basis data yang meliputi komputer, hard disk serta alat komunikasi jaringan.
  2. Operating System adalah program yang dapat mengaktifkan dan mengoperasikan sistem komputer, mengendalikan semua sumber daya atau melakukan berbagai operasi pada komputer. Sistem Operasi ini meliputi MS-DOS, MS Windows NT, MS-Windows 95 atau Unix.
  3. Basis Data, merupakan sekumpulan data yang terorganisir dengan baik sehingga data tersebut sangat mudah untuk disimpan, diakses, serta dimanipulasi. Sistem database ini umumnya meliputi basis data yang dilengkapi dengan data masing-masing.
  4. Management System Database, merupakan sebuah program aplikasi yang dirancang secara khusus untuk membuat serta mengelola basis data yang tersedia. Sistem ini berisi kumpulan data serta program yang dipakai untuk mengakses database.
  5. Pengguna (User), adalah komponen dalam basis data yang dapat berinteraksi langsung dengan basis data. Ada berbagai jenis pengguna, termasuk program aplikasi, pengguna tingkat lanjut (User mahir), pengguna umum (and user) serta pengguna khusus.

F.A.Q

Basis Data adalah?

Basis Data (Database) adalah kumpulan berbagai jenis data atau informasi yang secara sistematis disimpan dan diatur dalam komputer.

Database digunakan untuk apa?

Umumnya Basis Data digunakan untuk mengkelompokkan data sehingga dapat lebih mudah untuk diidentifikasi, digunakan, serta dipahami oleh para pengguna.

Pengguna dari Basis Data terdiri dari?

User dari pengguna Database meliputi Programer Aplikasi, pengguna tingkat lanjut (User mahir), pengguna umum (and user) serta pengguna khusus.

Sekian dari informasi yang disampaikan dalam artikel kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih