Bank Sentral

Posted on

Bank Sentral – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas secara rinci mengenai Bank Sentral beserta dengan hal-hal yang berkaitan didalamnya. Namun, sebelum kita membahas lebih jauh, ada baiknya jika kita mengetahui apa itu bank? terlebih dahulu.

Bank merupakan sebuah lembaga keuangan yang berwenang untuk mengumpulkan dana dari publik dan mendistribusikannya lagi kepada masyarakat dalam bentuk pinjaman atau dana usaha yang digunakan untuk meningkatkan taraf hidup penduduk.

Bank Sentral

Definisi Bank Sentral

Bank sentral sering diartikan sebagai sebuah lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas semua kebijakan moneter yang terdapat di dalam suatu negara dimana bank sentral itu berada.

Di Indonesia, peran bank sentral sendiri dikuasai oleh Bank Indonesia. Bank Indonesia ini mempunyai kewenangan penuh atas pengawasan sekaligus mengatur kegiatan atau aktivitas yang dilakukan oleh lembaga keuangan yang ada.

Pengawasan dan pengaturan yang dilakukan oleh sebuah bank sentral, berfungsi sebagai cara untuk mewujudkan sistem ekonomi suatu negara yang stabil melalui kegiatan perlindungan yang dilakukan oleh suatu lembaga keuangan.

Baca Juga : Rekonsilasi Bank – Pengertian, Tujuan, Contoh, Bentuk, Penyebab

Sejarah Berdirinya Central Bank

Berawal dari dilaksanakannya Konferensi Meja Bundar (KMB), yang berlangsung di Den Haag, Belanda pada tahun 1949, dapat dianggap sebagai tonggak bersejarah terhadap pembentukan Central Bank di Indonesia.

Terdapat salah satu keputusan yang sangat penting dalam KMB yaitu menunjuk De Javasche Bank untuk menjadi Central Bank. De Javasche Bank merupakan sebuah bank perdagangan dan sirkulasi yang dibangun pada tahun 1982 oleh pemerintah India Belanda.

Setelah Indonesia merdeka, pada tanggal 1 Juli 1953 De Javanesche Bank (DJB) dinasionalisasikan dan mengalami pergantian nama menjadi Bank Indonesia (BI), yang merupakan sebuah Central Bank Republik Indonesia.

Tugas – Tugas Central Bank

Terdapat beberapa tugas dan kewajiban yang diemban oleh Central Bank didalam menjalankan fungsi utamanya, yaitu sebagai berikut :

1. Membuat sekaligus melaksanakan kebijakan moneter dalam suatu Negara

Central Bank berkewajiban untuk meningkatkan kebijakan moneter dari setiap situasi ekonomi yang terjadi. Setiap pedoman akan disesuaikan sedemikian rupa sehingga dapat diimplementasikan dengan baik dan memengaruhi kondisi ekonomi di dalam dan juga luar negeri dengan tepat.

Pada prinsipnya, kebijakan moneter yang dikeluarkan oleh Central Bank memiliki tugas untuk mengatur serta mengendalikan jumlah uang yang beredar di lingkungan masyarakat untuk memastikan stabilitas harga barang dan juga jasa.

Baca Juga : Remunerasi Adalah

2. Kewajiban untuk mengatur dan memelihara sistem pembayaran reguler

Sistem pembayaran yang disebutkan di sini yaitu sistem pembayaran yang bersifat tunai ataupun tanpa uang tunai. Dalam hal tersebut, Bank Indonesia memiliki tanggungjawab untuk menetapkan suatu ketentuan, norma, standar, serta prosedur untuk mengatur penyebaran uang di lingkungan masyarakat.

3. Mengontrol serta mengawasi Perbankan di Indonesia

Regulasi serta pengontrolan perbankan yang disebutkan di sini yaitu pengawasan makro-prudensial yang bertujuan untuk memastikan stabilitas sistem keuangan yang ada di Indonesia.

Kebijakan makroprudensial ini umumnya adalah kebijakan yang digunakan untuk membatasi risiko serta biaya krisis sistemik yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan sistem keuangan.

Kewenangan Bank Sentral

Didalam menjalankan kewajiban dan juga tugasnya, Central Bank mempunyai wewenang yang harus dijalankan dengan baik, kewenangan tersebut sudah tertera didalam UU RI, diantaranya adalah :

1. Membuat sekaligus Melaksanakan Kebijakan Moneter

  • Menetapkan target mata uang.
  • Penentuan tingkat inflasi.
  • Perdagangan SBI (sertifikat Bank Indonesia) atau pembelian surat penting dari rakyat.
  • Penentuan suku bunga untuk pinjaman bank komersial.
  • Meningkatkan rasio kas / CAR bank umum.
  • Menetapkan jumlah kredit dan keuangan.

2. Mengatur dan Memelihara Sistem Pembayaran Reguler

  • Memberikan arahan tentang kewajiban bank untuk menyampaikan laporan.
  • Lakukan pemeriksaan terhadap bank secara teratur jika perlu.
  • Mengimplementasikan kebijakan yang sangat efektif.
  • Adanya penerapan disiplin pasar.
  • Memberikan serta mencabut izin terhadap perbankan.

3. Mengontrol serta mengawasi Perbankan

  • Membuat sekaligus menetapkan aturan yang berhubungan erat dengan pelaksanaan perbankan di Indonesia.
  • Memberlakukan sebuah sanksi terhadap pihak bank yang melakukan pelanggatan terhadap peraturan yang berlaku sesuai dengan persyaratan hukum.
  • Bisa mengeluarkan atau mencabut lisensi yang ditujukan untuk institusi serta bisnis bank tertentu.
  • Melakukan pengontrolan terhadap bank baik itu sebagai sistem perbankan ataupun secara individualis.

Fungsi Dari Bank Sentral

Terdapat beberapa fungsi umum dari Central Bank yang perlu kalian ketahui, yaitu diantaranya adalah :

  • Melaksanakan suku bunga dalam kegiatan transaksi pasar terbuka.
  • mengontrol kinerja bank untuk membangun sebuah lembaga keuangan yang baik.
  • Melakukan pemeriksaan dan pertahankan sistem keuangan reguler.
  • Mengakses informasi dan melaporkan orang-orang yang dicurigai membahayakan stabilitas mata uang.
  • Jaringan dan perlindungan sistem keuangan.

Baca Juga : Contoh UMKM

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Bank Sentral?

Bank sentral sering diartikan sebagai sebuah lembaga keuangan yang bertanggung jawab atas semua kebijakan moneter yang terdapat di dalam suatu negara dimana bank sentral itu berada.

Apa tujuan utama dari Bank Sentral?

Bank Indonesia atau bank sentral hanya memiliki satu tujuan saja yaitu untuk mencapai serta menjaga kestabilitasan nilai mata uang rupiah.

Mengapa Bank Sentral itu sangat penting bagi suatu Negara?

Karena, tugas bank sentral untuk menjaga kestabilitasan nilai mata uang, maka akan sulit bagi suatu negara jika tidak memiliki bank sentral guna meningkatkan kebijakan moneter yang tepat untuk negara tersebut.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.