Macam-Macam, Rumus Luas dan Volume Bangun Datar

Posted on

Untuk pembelajaran kita hari ini kita akan belajar tentang rumus bangun datar dan pengertian atau definisi nya, pada kesempatan sebelumnya kita juga telah membahas tentang rumus volume bangun ruang nah untuk saat ini materi lengkap tentang rumus volume bangun datar.

Didalam bangun datar terdapat macam – macam bentuk bentuk yang pertama adalah persegi, persegi panjang, segitiga, jajargenjang, trapesium, layang – layang, belah ketupat. Untuk itu silahkan kalian semua bisa melihat penjelasan nya di bawah ini :

Macam-macam Bangun Datar

Berikut ini akan dibahas secara lengkap tentang macam-macam bangun datar dan sifatnya serta rumus volume dan luas bangun datar itu sendiri nanti akan disertakan juga gambar bangun datar, dan juga sifat-sifat bangun datar beserta gambarnya.

  1. Persegi

Pengertian dari persegi adalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang di bentuk oleh 4 buah rusuk yang sama panjang dan mempunyai 4 buah sudut siku – siku. Persegi juga dapat disebut dengan bangun datar yang memiliki sisi sisi sama panjang dan sudut sudut sama besar itupun disebut persegi.

Sifat-sifat Persegi yaitu Semua sisi persegi sama panjang dan Setiap sudut persegi dibagi dua sama besar oleh diagonalnya serta kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus.

rumus bangun datar persegi

rumus keliling persegi = 4 x s

rumus luas persegi = s x s x s

keterangan = s = sisi ( m )

  1. Persegi Panjang

Persegi PanjangPengertian dari persegi panjang  iyalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang di bentuk oleh 2 buah pasang rusuk yang panjang dan sejajar dan mempunyai 4 buah sudut siku – siku.

Rumus bangun datar persegi panjang

Rumus keliling persegi panjang = 2 x ( p x l )

Rumus luas persegi panjang = p x l

Keterangan = p = panjang ( cm )

                                  L = lebar ( cm )

  1. Segitiga

segitigaPengertian dari segitiga iyalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang terbentuk dari 3 buah sisi yang berupa garis lurus dan 3 buah sudut. jadi bangun datar yang terbentuk dari tiga atau lebih garis lurus disebut segitiga

Rumus bangun datar segitiga

Rumus keliling segitiga = AB + BC + BC + DA

Rumus luas segitiga = 1/2 x a x t

Keterangan =a = alas segitiga ( cm )

                                T = tinggi segitiga ( cm )

  1. Jajargenjang

jajargenjangPengertian dari jajargenjang sendiri iyalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang terbentuk dari 2 buah pasang rusuk yang masing – masing nya sama panjang dan sejajar dengan pasangan nya. Lalu jajargenjang mempunyai 2 buah pasang sudut siku – siku yang masing – masing nya sama besar dengan sudut di depan nya.

Rumus bangun datar jajargenjang

Rumus keliling jajargenjang = AB + BC + CD + AD

Rumus luas jajargenjang = a x t

Keterangan = a= alas ( cm )

                        T = tinggi ( cm )

  1. Trapesium

trapesiumPengertian dari trapesium sendiri iyalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang terbentuk oleh 4 buah rusuk yang 2 buah di antaranya adalah saling sejajar tapi panjang nya tidak sama. Namun ada juga trapesium yang rusuk ketiganya adalah tegak lurus terhadap rusuk – rusuk sejajar nya yang disebut trapesium siku – siku.

Rumus bangun datar trapesium

Rumus keliling trapesium = AB + BC + CD + DA

Rumus luas trapesium = 1/2 x jumlah sisi sejajar x tinggi

  1. Layang – layang

layang layangPengertian dari layang – layang sendiri iyalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang terbentuk dari 2 buah segitiga sama kaki dan  berbentuk segiempat yang alas nya berhimpitan yang berbentuk menjadi sebuah layang – layang.

Rumus bangun datar layang – layang

Rumus keliling layang – layang = 2 x ( AB + BC )

Rumus luas layang – layang = 1/2 x d1 x d2

Keterangan = d = diagonal

  1. Belah ketupat

belahketupat

Pengertian dari belah ketupat sendiri iyalah sebuah bangun datar 2 dimensi yang di bentuk oleh 4 buah rusuk yang panjang nya sama dan belah ketupat memiliki 2 buah pasang sudut yang masing – masing nya sama besar dengan sudut di hadapan nya.

Rumus bangun datar belah ketupat

Rumus keliling belah ketupat = 4 x s

Rumus luas belah ketupat = ½ x d1 x d2

Keterangan = d = diagonal ( cm )

                          S = panjang( cm )

Jadi jika ada soal tentang bangun datar adalah kalian bisa menjawab dengan penjelasan diatas, Sekian penjelasan tentang rumus volume bangun datar beserta rumus luas dan penjelasannya semoga bermanfaat…

Materi Terkait: