Bagian – Bagian Sel

Posted on
Bagian Bagian Sel

Bagian – Bagian Sel Setiap Makhluk Hidup – Semua makhluk hidup yang ada didunia ini tersusun atas kumpulan-kumpulan sel yang terdapat didalamnya. Meskipun setiap organisme memiliki bentuk beraneka ragam, namun sejatinya mereka memiliki struktur sel yang cenderung mirip.

Secara umum, sel-sel tersebut tersusun dari membran dan juga protoplasma yang terdiri atas cairan sel (sitoplasma) dan juga organel-organel sel. Organel merupakan salah satu bagian sel yang memiliki fungsi khusus.

Sel adalah unit terkecil yang bertugas menyusun setiap organisme agar untuk melaksanakan fungsi dari hidupnya sendiri dan melakukan perkembangbiakan dengan cara berreplikasi ataupun memperbanyak diri.

Sejarah Terbentuknya Sebuah Sel

Kata Sel berasal dari sebuah bahasa Latin yaitu “cella” yang berarti ruangan kecil. Pada Tahun 1665 Robert Hooke adalah orang yang pertama kali mengemukakan adanya sebuah sel didalam setiap organisme.

Untuk mengetahui hal tersebut, Ia melakukan pengamatan terhadap sayatan gabus dengan menggunakan sebuah mikroskop. Kemudian, Hook melihat adanya ruangan-ruangan kecil yang menyusun gabus tersebut.

Nah, tepatnya pada tahun 1831, Robert Brown mengungkapkan bahwa “Sel adalah suatu ruangan-ruangan kecil yang dibatasi oleh sebuah membran, yang di dalamnya terdapat suatu cairan yang dinamakan Protoplasma”.

Protoplasma itu sendiri terdiri dari plasma sel (sitoplasma) dan juga inti sel (nukleus). Di dalam inti sel terdapat sebuah plasma inti yang disebut sebagai Nukleoplasma.

Setelah beberapa tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1839, seorang ahli fisiologi Jerman yang bernama Theodor Schwann, mengungkapkan bahwa semua organisme tersusun atas sel-sel.

Setelah itu, banyak sekali muncul pertanyaan dari mana asalnya sel tersebut? Kemudian, Ahli fisika Jerman yang bernama Rudolf Virchow mengungkapkan bahwa sel tersebut berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya.

Teori yang menyatakan bahwa “sel berasal dari sel” tersebut kemudian semakin diperkuat oleh adanya berbagai macam eksperimen ahli mikrobiologi Prancis yang bernama Louis Pasteur, yang dilakukan pada tahun 1859 hingga ke 1861.

Baca Juga : Jaringan Pada Daun

Bagian Bagian Sel dan Fungsinya

Meskipun sel dikatakan sebagai bagian terkecil dari setiap organisme, tetapi didalam sebuah sel masih terdapat bagian-bagian yang lebih kecil lagi menjadi penyusunnya. Nah, di situlah terjadinya segala aktivitas yang terdapat di dalam sel.

Dibawa ini terdapat beberapa bagian-bagian sel yang terdapat didalam setiap makhluk hidup, beserta penjelsannya, yaitu diantaranya adalah :

1. Membran Sel

Cell Membrane adalah permukaan luar dari setiap sel yang dibatasi oleh selaput halus dan juga elastis. Membran ini tersusun atas beberapa unsur yaitu fosfor, lemak (lipid), karbohidrat, dan juga protein.

Bagian ini berfungsi untuk melindungi dan juga mengatur lalu lintas suatu zat yang keluar masuk didalam sel. Cell Membrane ini bersifat semipermeabel yang berarti, bahwa membran sel hanya bisa diewati oleh zat-zat tertentu saja.

2. Nukleus (Inti Sel)

Nukleus merupakan salah satu organel terbesar yang terdapat didalam sel, bagian ini hampir terdapat di semua sel Eukariotik, namun tidak terdapat diadalam sel-sel pembuluh floem dewasa dan juga sel darah merah dari mamalia dewasa.

Bagian ini berfungsi untuk mengatur seluruh aktivitas yang dilakukan oleh sel. Inti sel ini mempunyai peranan yang sangat penting bagi kehidupan sebuah sel, karena bagian ini berfungsi mengendalikan seluruh kegiatan sel.

3. Sitoplasma

Sitoplasma merupakan sebuah material yang di dalamnya terdapat suatu organel-organel sel, sebagian besar sitoplasma ini tersusun dari air.  Bagian ini juga dapat dikatakan sebagai cairan sel.

Cytoplasm ini terdiri dari berbagai macam zat, yaitu diantaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, zat-zat anorganik, enzim, vitamin, dan juga hormon. Cytoplasm ini berfungsi sebagai tempat berlangsungnya dari reaksi metabolisme sel sebab organel sel ini terdapat di dalam sitoplasma.

4. Mitokondria

Mitokondria merupakan sebuah organel sel yang menghasilkan energi didalam suatu sel. Mitochondria ini memiliki bentuk yang bulat seperti tongkat dan memiliki ukuran panjang berkisar antara 0,2-5 mikrometer dengan diameter berkisar 0,5 mikrometer.

Mitochondria merupakan sebuah organel sel bermembran yang berfungsi sebagai tempat menghasilkan energi. Apabila sel tersebut zemakin aktif maka akan semakin banyak mitokondrianya.

5. Ribosom

Ribosom merupakan salah satu organel yang berukuran sangat kecil dan padat yang terdapat didalam sel. Bagian ini memiliki bentuk seperti butiran-butiran pasir.

Sebagian besar Ribosom ada yang melekat pada sebuah membran retikulum endoplasma dan sebagian lagi ada yang tersebar bebas di dalam sitoplasma. Ribosom ini berfungsi sebagai tempat untuk membuat (mensisntesis) protein.

6. Lisosom

Lisosom merupakan salah satu struktur yang bentuknya agak bulat dan dibatasi oleh sebuah membran tunggaldengan diameter sekitar 1,5 mikron, bagian ini hanya terdapat didalam sel hewan saja.

Bagian ini berfungsi sebagai tempat untuk mencerna zat sisa makanan atau zat asing. Apabila lisosom tersebut pecah, enzim yang ada di dalamnya akan mencerna atau menghancurkan sebuah organel sel yang mengakibatkan sel akan mati.

7. Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma merupakan salah satu sistem membran yang sangat luas di dalam sebuah sel. Bagian ini berada di bawah mikroskop elektron, yang mmiliki bentuk seperti tabung pipih yang saling berhubungan dan menutupi sebagian besar dari sitoplasma.

Bagian ini berfungsi untuk membuat dan juga menyalurkan bahan-bahan yang sangat diperlukan oleh sebuah oragnel-organel sel.

Baca Juga : Sistem Pernapasan Pada Manusia

8. Badan Golgi

Badan golgi ini terdapat di dalam seluruh organel sel, kecuali didalam sebuah sperma dewasa dan juga sel darah merah. Bagian ini terdiri dari anyaman saluran yang memiliki bentuk tak teratur yang terlihat seperti susunan membran yang sejajar tanpa memiliki sebuah granula.

Badan golgi ini berperan untuk memodifikasi semua bahan-bahan yang dihasilkan oleh sebuah retikulum endoplasma yang kemudian akan disalurkan ke bagian organel-organel yang membutuhkan.

9. Periksisom

Periksisom merupakan sebuah organel sel yang memiliki ukuran besarnya cenderung sama dengan lisosom, dan dibatasi oleh membran tunggal. Umumnya, Organel ini dihasilkan oleh sebuah retikulum endoplasma.

Peroksisom ini juga dipenuhi oleh enzim-enzim dengan fungsi tertentu. Salah satunya yaitu enzim katalase, enzim ini berfungsi mengkatalis perombakan yang terjadi pada hidrogen peroksida yang dapat membahayakan sebuah metabolisme sel.

Bagian ini memiliki fungsi yang sangat penting didalam proses perubahan lemak menjadi sebuah karbohidrat, dan juga didalam perubahan purin dalam sebuah sel.

10. Mikrotubulus

Mikrotubulus ini berupa sebuah silinder protein yang terdapat didalam sebagian besar dari sel hewan dan juga tumbuhan. Protein yang membentuk bagain disebut juga dengan tubulin yang terdiri dari α tubulin dan β tubulin, disertai dengan susunan asam amino yang berbeda.

Bagian ini memiliki peran yang sangat penting didalam proses pembelahan sel dan berfungsi sebagai saluran bagi setiap arus zat sitoplasma yang ada di dalam sel.

11. Mikrofilamen

Mikrofilamen merupakan sebuah organel sel yang berupa serat tipis dengan panjang diameternya sekitar 5 sampai 6 nm. Bagian ini terdiri dari protein yang disebut sebagai Aktin.

Secara umum, Mikrofilamen ini memiliki peran yang sangat penting didalam gerakan atau aliran dari suatu Sitoplasma.

Struktur Didalam Sel

Pada umumnya, struktur sel dari setiap organismenya hampir serupa. Atau dengan kata lain Sel penyusun dari setiap makhluk hidup umumnya terdiri dari membran dan juga protoplasma.

Sedangkan pada bagian protoplasma ini terdiri dari sebuah sitoplasma dan organel-organel sel. Di setiap masing-masing organel sel inilah yang memiliki fungsi khusus.

Bagian-bagian sel yang terdapat pada setiap organisme pun berbeda-beda. Misalnya seperti perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, dapat kita lihat berdasarkan organel dinding sel dan plastida yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan saja.

Sedangkan sebuah organel sentriol dan juga lisosom hanya terdapat didalam sel tubuh hewan saja.

Baca Juga : Kultur Jaringan

Apa yang dimaksud dengan Sel?

Sel adalah unit terkecil yang bertugas menyusun setiap organisme agar untuk melaksanakan fungsi dari hidupnya sendiri dan melakukan perkembangbiakan dengan cara berreplikasi ataupun memperbanyak diri.

Siapa yang pertama kali mengemukakan adanya sebuah Sel?

Pada Tahun 1665 Robert Hooke adalah orang yang pertama kali mengemukakan adanya sebuah sel didalam setiap organisme.

Dari mana sel-sel penyusun suatu organisme itu berasal?

Ahli fisika Jerman yang bernama Rudolf Virchow mengungkapkan bahwa sel tersebut berasal dari sel yang sudah ada sebelumnya.

Demikian pembahasan dari artikel kali ini mengenai Bagian Bagian Sel, semoga bermanfaat dan menjadi wawasan baru untuk kita semua.