Bagian – Bagian Mata

Posted on

Bagian – Bagian Mata – Mata termasuk kedalam salah satu alat indra manusia yang sangat penting dan berfungsi sebagai indra penglihatan. Indra penglihatan merupakan suatu alat indra yang sangat kompleks didalam tubuh manusia.

Didalam sebuah Mata terdapat bagian-bagian beserta fungsi nya masing-masing, misalnya seperti bulu mata, alis mata, dan juga kelopak mata berperan penting dalam mendukung penglihatan.

Mata adalah salah satu alat indera yang cara kerjanya terkait dengan cahaya (terang gelap), warna, dan juga benda yang dilihat.

Bagian-Bagian Mata

Bagian – Bagian Mata Dan Fungsinya

Bagian - Bagian Mata

Terdapat beberapa bagian mata yang perlu kalian ketahui beserta dengan fungsi dan cara kerjanya, yaitu diantaranya sebagai berikut :

1. Kelopak mata

Kelopak mata adalah salah satu bagian mata yang terletak di luar dan berfungsi untuk melindungi mata dari berbagai macam benda asing yang hendak masuk ke bagian dalam mata misalnya seperti debu, pasir, asap atau benda lainnya.

Bagian ini juga sangat penting untuk membersihkan bola mata dengan cairan yang dihasilkan dan juga mengatur jumlah cahaya yang masuk kedalam mata.

2. Bulu mata

Bagian ini menjadi salah satu bagian terluar dari mata yang sangat mudah untuk diidentifikasi. Bulu mata berfungsi untuk mengurangi cahaya yang hendak masuk ke dalam mata serta mencegah masuknya objek kecil ke dalam mata, misalnya seperti debu, pasir atau kotoran.

Baca Juga : Sistem Ekskresi Pada Manusia

3. Alis mata

Alis juga menjadi salah satu bagian terluar mata yang sangat menonjol karena letaknya yang berada di pelipis mata. Secara umum, alis berfungsi untuk menahan keringat yang berasal dari dahi agar tidak langsung masuk ke bagian dalam mata.

4. Kelenjar air mata

Kelenjar air mata adalah salah satu bagian yang berfungsi untuk menghasilkan air mata. Hal ini sangat penting, sebab air mata berfungsi untuk membasahi mata dan menjaga mata agar tetap lembab.

Tidak hanya itu saja, kelenjar air mata juga berfungsi untuk membersihkan debu serta membunuh berbagai macam bibit penyakit yang bersarang di dalam mata.

5. Kornea

Kornea merupakan sebuah jaringan yang berbentuk seperti kubah transparan yang bertugas untuk membentuk bagian mata terdepan atau paling luar. Bagian ini berfungsi sebagai jendela dan juga jalan masuknya cahaya ke dalam mata. 

Berkat adanya kornea, mata kita dapat mengatur sinar cahaya yang masuk kedalam mata agar kita bisa melihat kata-kata dan juga gambar yang ada secara jelas. 

Kornea berperan untuk memberikan sekitar 65 hingga 75 persen kekuatan fokus terhadap mata kita.

6. Anterior Chamber

Bilik mata depan adalah sebuah kantung yang sangat mirip dengan jelly dan tepatnya berada di belakang kornea mata, atau lebih tepatnya berada di depan lensa mata.

Didalam Anterior chamber berisi sebuah cairan bernama Aqueous humor dan berfungsi untuk membantu membawa nutrisi ke bagian jaringan mata.

Cairan aqueous humor juga berfungsi untuk menyeimbangkan tekanan yang ada di dalam mata. Kesehatan mata kita juga sangat dipengaruhi oleh proses produksi dan juga aliran cairan yang ada di bilik mata depan.

7. Sklera

Sklera merupakan salah satu bagian yang berbentuk seperti selaput putih keras dengan sebuah jaringan fibrosa yang menutupi seluruh bagian bola mata kita, kecuali di bagian kornea mata.

Di dalamnya juga terdapat sebuah otot yang menempel dan berfungsi untuk menggerakkan mata yang melekat pada sklera.

8. Iris dan Pupil

Iris dan juga pupil merupakan anatomi mata manusia yang saling berhubungan satu sama lain. Bagian Iris adalah sebuah membran yang berbentuk seperti cincin dan mengelilingi sebuah bulatan kecil yang memiliki warna lebih gelap di tengahnya.

Nah bulatan kecil itulah yang disebut sebagai pupil. Pupil merupakan sebuah otot yang terdapat pada mata yang bisa tertutup dan juga terbuka ataupun mengecil dan juga membesar.

Iris berfungsi untuk mengatur jumlah cahaya yang masuk ke dalam mata yang disesuaikan dengan bukaan pupil. Saat terkena cahaya yang sangat terang, iris akan mengecil dan membuat pupil terbuka sedikit lebih kecil untuk membatasi cahaya yang masuk ke mata kita.

9. Lensa

Lensa merupakan salah satu bagian yang berupa jaringan transparan dan juga lentur yang terletak di belakang iris dan juga pupil, atau lebih tepatnya berada setelah kornea mata.

Bagian ini berfungsi untuk membantu memusatkan cahaya dan juga gambar pada retina mata kita. Lensa akan memberikan sekitar 25 hingga 35 persen kekuatan fokus mata Anda.

Lensa mata memiliki tekstur yang sangat lentur dan juga elastis, maka bentukannya dapat berubah jadi melengkung dan juga fokus pada objek yang ada di sekitar. Misalnya ketika anda melihat orang yang ada di dekat Anda atau dari kejauhan. 

Baca Juga : Jaringan Otot – Pengertian, Gambar, Struktur, Jenis, Fungsi

10. Koroid dan Konjungtiva (conjunctiva)

Koroid adalah salah satu bagian yang berbentuk seperti membran berwarna cokelat gelap yang terdapat banyak sekali pembuluh darah di dalamnya. Bagian ini terletak di antara sklera dan juga retina.

Fungsi dari koroid adalah untuk memasok persediaan darah dan juga nutrisi ke dalam retina atau ke semua struktur lainnya yang ada pada anatomi mata.

Sedangkan konjungtiva adalah salah satu bagian yang berbentuk seperti lapisan tipis yang menutupi seluruh mata manusia yang posisinya berada di depan, kecuali untuk kornea.

11. Badan vitreous

Vitreous humor adalah sebuah zat yang sangat mirip seperti jelly dan terletak di belakang lensa mata. Bagian ini berfungsi untuk mengisi bagian yang ada dibelakang mata kita.

Seiring berjalannya waktu, vitreous akan berubah menjadi lebih encer bahkan bisa terlepas dari bagian belakang mata kita.

12. Retina

Retina merupakan sebuah jaringan mata yang sangat peka terhadap cahaya. Bagian ini berfungsi untuk melapisi permukaan dari bagian yang ada didalam mata.

Sel yang ada didalam retina bisa merubah sebuah cahaya yang masuk kedalam mata untuk menjadi sebuah impuls listrik. Impuls listrik ini yang nantinya akan dibawa oleh saraf optik ke otak, yang selanjutnya ditafsirkan kedalam sebuah gambar atau objek yang dilihat oleh mata.

13. Makula

Makula merupakan sebuah area sensitif yang memiliki ukuran kecil dan terletak di tengah retina yang memberikan penglihatan sentral. Pada bagian makula terdapat sebuah fovea yang terletak di pusat makula.

Fovea berfungsi untuk memberikan penglihatan kepada mata kita secara detail dan juga tajam.

14. Syaraf optik

Syaraf optik merupakan salah satu bagian yang berfungsi untuk meneruskan informasi berupa sebuah bayangan benda yang diterima oleh retina yang nantinya akan diteruskan ke otak.

Melalui saraf inilah nantinya kita dapat menentukan bagaimana bentuk dari sebuah benda yang kita lihat. Jika syaraf optik ini rusak, itu artinya kita tidak bisa melihat atau buta.

Masalah Yang Terjadi Pada Mata

Terdapat beberapa gangguan atau penyakit yang menyerang mata manusia, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Miopi (Rabun Jauh), adalah salah satu kelainan yang terjadi pada mata yang disebabkan karena lensa mata terlalu cembung, sehingga bayangan mata akan jatuh di depan retina. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan lensa cekung atau negatif.
  2. Hipermetropi (Rabun Dekat), adalah salah satu kelainan yang terjadi pada mata, dimana lensa mata terlalu pipih, sehingga bayangan benda akan jatuh di belakang retina. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan lensa cembung atau positif.
  3. Presbiopi (Mata Tua), adalah kelainan yang terjadi pada mata dimana lensa mata mempunyai daya akomodasi yang sangat minim. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan lensa rangkap (cembung-cekung).
  4. Astigmatisma, adalah salah satu kelainan yang terjadi pada mata, dimana lengkung dari kornea atau lensa tidak merata. Cara mengatasinya yaitu dengan menggunakan lensa silindris.
  5. Buta Warna, adalah salah satu kelainan dimana seseorang tidak bisa membedakan warna, karena adanya kerusakan yang terjadi pada sel kerucut. Hal ini juga bisa disebabkan dengan penyakit turunan, sehingga belum ditemukan cara untuk menyembuhkannya.
  6. Katarak, adalah kelainan yang terjadi pada mata, dimana lensa mata mengerut karena kekurangan vitamin B. Cara mengatasinya yaitu dengan melakukan operasi katarak.

Baca Juga : Anatomi Tubuh Manusia : Fungsi Sistem Organ Tubuh Manusia (+Gambar)

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Mata?

Mata adalah indera penglihatan yang cara kerjanya sangat berhubungan dengan cahaya (terang gelap), warna, dan juga benda yang dilihat.

Bagaimana cara merawat Mata agar tetap sehat?

1. Makanlah makanan yang banyak sekali mengandung asam lemak omega-3, lutein, zinc, dan vitamin (C, A, dan E). Misalnya seperti wortel, bayam, tuna, telur, dan lain sebaginya.  
2. Berhentilah mengonsumsi rokok.
3. Gunakan kacamata yang sesuai dengan kebutuhan mata anda.
4. Berikan istirahat yang cukup terhadap mata anda, terutama jika telah melihat layar handphone atau komputer terlalu lama.

Kebiasaan apa saja yang menimbulkan kelainan pada mata?

1. Jarang minum air dan jarang mengonsumsi buah dan juga sayur.
2. Tidak memperhatikan saat memilih kacamata atau asal pilih.
3. Menggunakan obat mata secara berlebihan.
4. Terlalu sering mengucek mata.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga menambah wawasan baru untuk kita semua.