Bagian – Bagian Lidah Beserta Fungsinya

Posted on

Bagian – Bagian Lidah Beserta Fungsinya – Lidah termasuk kedalam salah satu panca indera yang ada didalam tubuh manusia, yaitu indera pengecap yang terdiri dari beberapa bagian dan mempunyai berbagai macam fungsinya masing-masing.

Nah, jika kita memahami bagian lidah dan fungsinya, maka hal ini akan membantu kita untuk menyadari diri sendiri bagaimana cara menjaga kesehatan rongga mulut secara keseluruhan.

Nah, untuk itu, yuk kita simak penjelasan yang ada dibawah ini..

Bagian - Bagian Lidah Beserta Fungsinya

Karakteristik Indera Pengecap (Lidah)

Terdapat beberapa ciri yang menggambarkan indera pengecap manusia (Lidah), yaitu diantaranya sebagai berikut :

  • Lidah memiliki otot serta ditutupi oleh selaput lendir yang sangat tipis.
  • Umumnya lidah terletak di antara rongga mulut dan juga orofaring.
  • Tidak memiliki tulang sehingga lidah dapat bergerak secara fleksibel.
  • Lidah dapat digerakkan ke sana kemari, ke kiri dan juga ke kanan, ke atas dan ke bawah serta ke berbagai posisi yang lainnya.

Baca Juga : Bagian – Bagian Hidung

Bagian – Bagian Lidah Beserta Fungsinya

Bagian - Bagian Lidah Beserta Fungsinya

Terdapat beberapa bagian dari lidah yang beberapa bagian itu juga memiliki peran yang sangat penting bagi tubuh manusia, yaitu diantaranya adalah :

1. Permukaan Superior

Bagian atas lidah berbentuk seperti huruf V, huruf V ini disebut sebagai sulkus terminal. Permukaan superior ini akan membagi lidah menjadi dua permukaan yaitu permukaan anterior serta permukaan posterior.

Permukaan anterior terdiri dari beberapa bagian yang dimulai dari puncak ujung lidah hingga ke bagian tubuh lidah. Sementara itu, Permukaan posterior lidah bawah terdiri dari beberapa bagian yang dimulai dari tubuh lidah hingga puncak lidah.

Fungsi dari bagian yaitu untuk mengecap rasa, karena permukaan atas lidah akan bersentuhan secara langsung dengan makanan atau minuman yang masuk ke dalam rongga mulut manusia.

2. Akar Lidah

Akar lidah terletak di antara tulang hyoid dan juga bagian rahang bawah lidah. Sedangkan untuk punggung pada bagian akar terlteak di bagian orofaring. Secara umum akar lidah berfungsi sebagai penggerak lidah karena jika tidak ada akar, maka lidah tak akan bisa begerak secara bebas.

3. Tubuh Lidah

Sebagian besar dari lidah dua pertiganya merupakan tubuh lidah yang mempunyai bagian kasar dan dinamakan dengan Papilla Lingual serta dikelilingi oleh sebuah gogo lateral dan permukaan anterior.

Papilla yang ada dibagian tubuh lidah berfungsi untuk mendeteksi rasa yang berbeda dari setiap makanan, minuman atau benda asing yang masuk ke dalam rongga mulut. Papila yang terdapat di bagian tubuh lidah terbagi menjadi 4 bagian utama, yaitu sebagai berikut :

  • Papila Filiform, salah satu papila yang berbentuk seperti kerucut dan sangat banyak dijumpai di lidah. Letak dari papilla ini diatur di dalam sebuah barisan yang teratur serta berjalan dengan sejajar.
  • Papila poliate, adalah salah satu papila yang berkerumun dan terbagi menjadi dua kelompok. Bagian ini terletak di setiap sisi lidah.
  • Papila fungiform, adalah salah satu Papila yang memiliki keterlibatan dengan sensasi rasa yang ditimbulkan oleh makanan dan juga minuman yang masuk kedalam rongga mulut. Rasa yang ditanggapi oleh bagian ini yaitu rasa asam dan juga manis.
  • Papila sirkumvalata, adalah salah satu jenis Papila yang memiliki beberapa ribu selera rasa. Bentuk dari papilla ini adalah bulat, terangkat dan dapat dilihat dengan mata telanjang.

4. Tonsil (Amandel)

Tonsil atau amandel adalah sebuah tonjolan yang berada di sebelah kanan dan kiri didalam rongga mulut manusia. Bagian ini juga dapat membesar seiring berjalannya waktu. Jika amandel terus membesar, maka akan menyebabkan kita kesulitan untuk menelan makanan.

Amandel merupakan salah satu bagian lidah yang berperan sebagai benteng dari pertahanan tubuh. Sehingga jika terjadi pembengkakan pada amandel, harus segera dilakukan perawatan medis, namun tidak perlu dilakukan operasi.

5. Kuncup lidah

Kuncup lidah merupakan sebuah struktur yang berada di bagian permukaan lidah, dan memiliki fungsi sebagai pencipta resep untuk sebuah rasa.

Pada bagian ini terdapat sekitar kurang lebih 300 selera rasa, khususnya pada lidah orang dewasa. Kuncup lidah ini bisa mengecap 4 rasa yaitu manis, asam, pahit, dan juga asin.

6. Adenoid

Adenoid adalah salah satu bagian yang terdapat didalam lidah dan berfungsi untuk melawan beberapa infeksi. Sehingga jika terdapat kuman dan juga bakteri yang dicap oleh lidah, maka adenoid lah yang berperan untuk memerangi bakteri atau kuman tersebut.

Baca Juga : 7 Fungsi Mulut Pada Tubuh Manusia

7. Frenulum

Frenulum merupakan salah satu bagian yang terdapat didalam lidah dan berbentuk sebuah jaringan lapisan tipis yang berfungsi sebagai penghubung antara lidah dengan dasar mulut.

8. Otot Lidah

Otot lidah merupakan salah satu bagian lidah yang tak kalah pentingnya, karena jika tidak memiliki otot, maka lidah tidak akan bisa bergerak secara bebas, karena lidah merupakan sebuah massa yang terdiri dari beberapa otot.

Antara otot yang satu dengan otot yang lainnya di dalam lidah saling berhubungan satu sama lain. Otot yang terdapat di dalam lidah dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok lidah intriksik serta kelompok lidah ekstrinsik. Berikut ini penjelasannya :

  • Otot intrinsik, adalah salah satu Otot yang berfungsi untuk melakukan penguabahan terhadap bentuk lidah dalam sementara.
  • Otot ekstrinsik, adalah salah satu Otot yang berfungsi untuk melakukan pengubahan terhadap posisi lidah, misalnya yang awalnya posisi menjulur menjadi posisi terlipat.

Zat-Zat Yang Menimbulkan Sensasi Rasa pada Lidah

Di sekitar kita terdapat banyak sekali jenis makanan dan juga minuman dengan berbagai macam rasa yang bisa dimakan oleh kita. Akan tetapi, pada dasarnya lidah hanya bisa mengecap 4 rasa saja yaitu manis, pahit, asam dan asin.

Rasa-rasa tersebut ditimbulkan dari berbagai macam zat yang bisa dicap lidah. Berikut ini terdapat beberapa zat yang dapat menimbulkan sensasi rasa pada lidah manusia :

  • Rasa pahit, adalah salah satu Rasa yang dihasilkan oleh alkaloid.  Alkaloid merupakan sebuah zat organik yang terdapat pada tumbuhan serta secara fisiologis aktif di dalam tumbuhan. Dan yang harus diingat zat alkaloid didalam tumbuhan jika dikonsumsi bisa membahayakan tubuh, sebab zat ini memiliki kandugan yang sangat beracun.
  • Asam, adalah salah satu rasa yang dihasilkan oleh Zat kation Na+, k+ dan juga Ca+.
  • Manis, adalah salah satu rasa yang dihasilkan oleh Zat gugus OH- yang ada didalam molekul organik. Gugus ini bisa kita temui pada gula, keton serta asam amino tertentu.
  • Asin, adalah salah satu rasa yang dihasilkan oleh zat ion H+. Ion banyak ditemukan pada garam, sehingga garam dapat menimbulkan rasa asin.

Baca Juga : Bagian – Bagian Mata

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Lidah?

Lidah termasuk kedalam salah satu panca indera yang ada didalam tubuh manusia, yaitu indera pengecap yang terdiri dari beberapa bagian dan mempunyai berbagai macam fungsinya masing-masing.

Apa saja fungsi Lidah secara umum?

1. Termasuk kedalam organ untuk mengecap rasa.
2. Berfungsi untuk membantu proses pencernaan (mengunyah).
3. Membantu dan mempermudah dalam menelan makanan.
4. Membantu proses melumatkan makanan.

Apa saja kelainan yang sering terjadi pada Lidah?

1. Lidah mengalami perubahan warna dan juga tekstur.
2. Lidah terasa nyeri dan bengkak.
3. Thrush/ candiasis.
4. Macroglossia/ lidah besar.
5. Burning tongue syndrome/lidah yang terasa seperti terbakar.
6. Glossitis atrofi.
7. Leukoplakia.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Bagian – Bagian Lidah Beserta Fungsinya, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.