Bagian – Bagian Hidung

Posted on

Bagian – Bagian Hidung – Hidung merupakan sebuah jaringan reseptor atau penerima suatu rangsangan yang mempunyai kemampuan untuk mendikteksi dan juga merespon berbagai macam bau yang berasal dari luar tubuh. 

Indera penciuman sekaligus sebagai pernafasan ini sangat sensitif, sebab indera ini memiliki struktur sel yang berhubungan secara langsung dengan sistem pernafasan serta saluran tenggorokan yang terdiri dari lubang hidung dan rongga hidung.

Bagian - Bagian Hidung

Oleh karena itu, setelah melihat betapa pentingnya peran Hidung atau indera penciuman tersebut bagi manusia, maka terdapat bagian-bagian hidung beserta fungsinya yang perlu kalian ketahui.

Bagian – Bagian Hidung

Bagian - Bagian Hidung

Terdapat beberapa bagian hidung beserta fungsinya yang perlu kalian ketahui, yaitu sebagai berikut :

1. Lubang Hidung

Lubang hidung merupakan salah satu bagian yang dapat dengan jelas terlihat oleh mata, karena letaknya yang berada di luar hidung dan berfungsi untuk melindungi hidung dari berbagai macam ancaman yang berasal dari luar.

Tidak hanya itu saja, hidung juga berperan untuk mengatur ukuran sesuatu yang bisa masuk ke dalam hidung. Bagian ini berhubungan secara langsung dengan rongga hidung. Terdapat 2 buah lubang hidung yang dimiliki oleh manusia, namun dipisahkan oleh septum (pemisah) hidung.

Baca Juga : Bagian – Bagian Mata

2. Bulu Hidung

Bulu hidung merupakan sebuah rambut – rambut halus yang ada didalam hidung dan berfungsi untuk penyaring udara yang masuk kedalam hidung. Bagian ini berperan penting untuk menahan kotoran yang terbawa oleh udara, sehingga tidak bisa masuk ke dalam sistem pernapasan selanjutnya.

3. Septum (Pemisah) Hidung

Septum hidung merupakan sebuah struktur yang berfungsi untuk memisahkan lubang manusia menjadi dua bagian. Septum memisahkan hidung menjadi 2 bagian yang dimulai dari lubang hidung hingga ke tenggorokan awal.

Dinding septum nasi dilapisi oleh sebuah lendir yang memiliki pembuluh darah sehingga lendir tersebut berfungsi untuk melembabkan dan juga mengatur suhu udara yang masuk.

4. Nasal Cavity (Rongga Hidung)

Rongga hidung merupakan salah satu organ yang paling penting yang terdapat pada indera penciuman. Didalam rongga hidung terdapat sebuah selaput lendir dan silia (rambut halus).

Fungsi utama dari rongga hidung yaitu untuk meneruskan udara yang masuk menuju ke bagian tenggorokkan. Selain itu, rongga hidung juga dapat menjaga kelembapan, suhu serta tekanan udara.

Didalam melaksanakan fungsinya, bagian ini dibantuk oleh sebuah tulang tengkorak yang tersusun seperti dinding-dinding hidung. Didalamnya juga terdapat 4 dinding yang saling berkaitan, yaitu dinding superior (atas), inferior (bawah), medial (tengah), dan juga lateral (samping).

5. Saraf Olfaktori

Saraf olfaktori adalah salah satu dari 12 saraf kranial yang berkaitan secara langsung dengan otak. Olfaktori merupakan sebuah saraf kranial 1 yang berperan sebagai reseptor utama didalam indera penciuman.

olfaktori berfungsi untuk menerima rangsangan yang berupa sebuah bauan-bauan yang terbawa bersama udara yang dihirup, kemudian akan dikirimkan kedalam bentuk impuls.

Didalam melaksanakan fungsinya tersebut, hidung didukung oleh salah satu bagian yang bernama bulbus olfaktori yang terdiri atas beberapa organ, diantaranya adalah :

  1. Tonjolan Olfaktori, yaitu salah satu organ yang berfungsi untuk menerima semua impuls yang dikirim oleh akson dan kemudian dibawa ke otak.
  2. Akson, yaitu sakah satu organ yang berfungsi untuk membawa impuls dari hasil kerja saraf pembau.
  3. Saraf Pembau, yaitu sebuah reseptor yang berfungsi untuk menerima stimulus dari gas atau udara yang dihirup.
  4. Silia, merupakan sebuah bulu yang berada di rongga luar hidung yang berfungsi untuk menyaring kotoran yang masuk bersama udara.

6. Sinus Hidung

Didalam rongga hidung terdapat 4 rongga sinus yang letaknya saling terpisah satu sama lain. Keempat rongga sinus tersebut adalah Maksilaris (di pipi), Frontalis (di dahi), Etmoidalis (antara kedua mata), dan juga sinus Sfenoidalis (di belakang dahi).

Rongga sinus mempunyai banyak sekali fungsi, yaitu di antaranya adalah :

  1. Mampu memproduksi lendir yang mengalir ke dalam hidung dan berfungsi untuk melembabkan serta menguras lendir hidung.
  2. Berfungsi untuk mengatur kelembaban hidung dan juga udara saat seseorang bernapas.
  3. Untuk menjaga pertukaran udara yang terjadi di daerah hidung.
  4. Berfungsi untuk meringankan kepala yang terasa berat.
  5. Untuk melindungi organ vital.
  6. Berfungsi untuk memaksimalkan kualitas suara.

Baca Juga : Jaringan Otot – Pengertian, Gambar, Struktur, Jenis, Fungsi

7. Tulang Rawan dan Tulang Nasal

Indera Penciuman ini dilindungi oleh 2 tulang yang letaknya saling terpisah satu sama lain, dan kedua tulang tersebut adalah tulang rawan serta tulang nasal.

Tulang rawan terletak di bagian ujung hidung dan teksturnya sangat lunak serta bisa digerak-gerakan. Sedangkan, tulang nasal terletak di antara tulang rawan dan juga dahi.

8. Nasofaring

Nasofaring berasal dari 2 kata, yaitu naso yang berarti hidung dan juga faring yang berarti tenggorokan. Oleh sebab itu, nasofaring adalah salah satu bagian dari sistem pernapasan yang menghubungkan hidung dengan tenggorokan.

Pada saat kita tersedak, bagian inilah yang akan menstimulasi rasa sakit pada hidung.

Penyakit Yang Sering Terjadi Pada Hidung

Sehubungan dengan betapa pentingnya peran hidung didalam tubuh manusia, tidak dapat dipungkiri bahwa hidung juga mengalami berbagai jenis penyakit, yaitu diantaranya adalah :

  • Hidung tersumbat, yaitu salah satu gangguan yang paling umum atau sering terjadi dan ditandai dengan adanya peradangan pada saluran pernapasan karena alergi dan juga flu.
  • Epistaksis atau mimisan, yaitu salah satu kondisi yang sering terjadi pada anak-anak, namun juga bisa sebagai gejala dari penyakit serius. Mimisan umumnya disebabkan karena hidung mengalami cedera, hidung tersumbat dan juga alergi.
  • Deviasi septum, yaitu salah satu kondisi yang ditandai dengan septum yang bengkok atau tidak setara, yang disebabkan karena cedera atau cacat dari lahir. Gejala yang umumnya terjadi yaitu hidung berdarah, hidung tersumbat, dan juga sakit kepala.
  • Polip, salah satu kondisi yang bukan merupakan sebuah pertumbuhan kanker pada hidung atau sinus paranasal, melainkan disebabkan oleh adanya peradangan kronis.

Baca Juga : Jaringan Saraf – Pengertian, Struktur, Ciri-Ciri, Fungsi dan Gambar

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan hidung?

Hidung merupakan sebuah jaringan reseptor atau penerima suatu rangsangan yang mempunyai kemampuan untuk mendikteksi dan juga merespon berbagai macam bau yang berasal dari luar tubuh. 

Bagaimana cara menjaga kesehatan hidung?

1. Hindari polusi udara dengan cara menggunakan masker jika sedang beraktivitas di luar rumah.
2. Bersihkan rongga hidung dengan air garam secara bertahap.
3. Jangan terlalu sering menggosok, mengupil, ataupun mengorek rongga hidung.
4. Usahakan untuk terus menjaga kelembapan udara yang ada disekitar hidung.

Apa fungsi utama dari hidung?

Hidung manusia mempunyai dua fungsi utama, yaitu diantaranya berfungsi sebagai alat pernapasan dan juga sebagai alat indera penciuman.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi pengetahuan baru untuk kita semua.