Arti Syukron

Posted on

Apa itu Arti Syukron – Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Dengan menyebut nama Alloh yang maha pengasih lagi maha penyayang, kita masih diberi nikmat iman islam serta, nikmat sehat. Hingga sampai saat ini kita masih diberi Banyak nikmat bukan tanpa tujuan, tetapi kita diberikan banyak nikmat agar terus bisa beribadah kepada Alloh dan mengikuti segala sunnah-sunnah Nabi Muhammad SAW.

Sholawat seiring salam, kita panjatkan kepada junjungan kita baginda Rasullallah SAW, yang merupakan panutan bagi kita.

Agar bisa mendapatkan Ridho Alloh dan mendapatkan Jannah yang tertinggi.

Manusia ialah makhluk sosial, yang mana kita tidak bisa beraktifitas tanpa bantuan orang lain.

Atas izin Alloh, kami ingin mengajarkan sedikit ilmu, semoga ini menjadi ladang pahala bagi kita semua. Amin

Berikut ini ialah beberapa pengertian tentang syukron yang sering didengar dalam kalangan masyarakat luas.

Di bawah ini penjelasan Arti Syukron :

Arti Syukron

Syukron adalah ucapan rasa “Terima Kasih”, seandainya ada yang mengatakan kata “syukron” kepada kita, terkadang kita bingung, untuk membalasnya pakai ucapan seperti apa.

Sebenarnya kita bisa ngejawab dengan ucapan you are welcome , tapi kedengaran nya terkesan sombong. Maka jawablah dengan perkataan yang singkat saja yaitu Syukron (Terimakasih).

Sementara kalimat syukron bisa juga di jawab dengan ucapan Afwan, yang menunjukan bahwa iya tidak bisa berbuat lebih dari itu.

Lalu pertanyaannya adalah, adakah yang salah dengan jawaban tersebut?

Tentu tidak karena semua hal seperti itu hanya bersifat sosial atau mu’amalah saja.

Arti Syukron Dalam Pandangan Islam

Jazakallah atau pun Syukron yang sebenarnya tidak ada dalil yang secara khusus untuk membahasnya dan tidak ada kejelasan juga, hanya halnya faktor kebiasaan saja, karna kata tersebut sering di ucap kan dari golongan para Ustadz dan para Kiyai.

Secara umum terjemahan “Syukron”, adalah ucapan rasa Terimakasih, sedangkan untuk membalasnya bisa juga diucapkan ” Terima kasih kembali”.

Terkadang ada pula yang mengucapkan “Amin” yang bermakna semoga Alloh mengabulkannya.

Namun menurut para kalangan Ulama, ucapan syukron ini juga tidak ada salahnya karena ini termasuk kategori mu’amalah atau hubungan sosial Antar sesama manusia.

Jadi, pengucapan syukron ini dimaksudkan sebagai tanda rendah hati seseorang yang telah berbuat sesuatu yang pantas mendapat ucapan syukron (Terimakasih).

Keutamaan Mengucapkan Syukron

Adapun keutamaan dalam mengucapkan kalimat “Syukron” atau terima kasih merupakan ungkapan yang ringan dan mudah diucapkan oleh siapa saja.

Namun tidak sedikit yang menyadari bahwa kalimat “syukron” ini sangat lah bermanfaat bagi yang mengucapkan atau yang menerima ucapan tersebut.

Eronisnya arti dari makna Syukron yang ada dibalik ungkapan ini seringkali menjadi biang utama keengganan seseorang untuk mengucapkan terimakasih kepada seseorang yang telah berbuat baik kepadanya.

Padahal kegunaanya salah satunya untuk memberi pelajaran buat kita agar selalu bersyukur atas Nikmat – nikmat yang telah Alloh berikan kepada kita dan kita terhindar dari kekufuran Nikmat.

Rasulullah Shallallahu’alayhi wa sallam telah bersabda :

Yang artinya :

Dan barangsiapa yang telah berbuat baik kepada kalian maka hendaklah membalasnya dengan (kebaikannya) yang setimpal. Dan jikalau kalian tidak mendapati sesuatu untuk membalas kebaikannya maka kalian berdo’alah untuknya sampai kalian merasa telah membalas kebaikan darinya.”  (HR. Ahmad)

Cara Membalas kebaikan Orang Yang Mendo’akan kita

  1. Membalas perbuatan seseorang tersebut
  2. Memuji seseorang tersebut dengan pujian Subhanaullah
  3. Mengucapkan Jazakallah khairan kepada seseorang tersebut
  4. Mendo’akan seseorang tersebut

Kesimpulan

Jadi kesimpulan dari kalimat “syukron” ini adalah , disaat kita mendapat ucapan syukron dari seseorang, kita bisa saja membalasnya dengan ucapan “afwan” yang artinya maaf saya hanya bisa berbuat sedemikian, tidak bisa lebih, yang bermakna dengan rendah hati.

Selain itu, kita juga bisa membalasnya dengan ucapan “Jazakallahu khairan” yang artinya semoga Alloh membalas kebaikan untukmu.

Orang yang berbuat baik dengan ikhlas, tidak akan pernah gila dengan ucapan terima kasih, namun kita yang menikmati karunia Alloh melalui ketulusan hati orang lain itulah yang memerlukan rasa terima kasih, sebagai ungkapan syukur kita kepada Allah.

Demikianlah beberapa pengertian tentang arti dari kalimat “Syukron”, semoga penulis selalu diberikan pertolongan dari Alloh untuk bisa mengamal kan arti dari Kata Syukron itu sendiri.

Dan juga bagi pembaca deberikan ilmu kepahaman dan bisa bermanfaat untuk semua. Amin

Terimakasih Wasalam mualaikum warohmatullahi Wabarokatuh.

Baca Juga :