Arti Syafakillah

Posted on

Assalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh. Alhamdulillah, segala puji hanya milik Alloh, pertama-tama semoga kita selalu dirahmati Alloh SWT. Mungkin kita sering mendapatkan atau mendengar ucapan “syafakillah” dari orang lain ketika sedang sakit, ucapan yang semacam ini bagi kita umat muslim di anjurkan disaat kita menjenguk saudara atau teman yang sedang sakit.

Nah ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit, kita di anjurkan untuk mendo’akan nya. Salah satu caranya dengan mengucapkan kata Syafakillah.

Adapun arti dari syafakillah mari simak penjelasan secara rinci di bawah ini :

Arti Syafakillah

Syafakillah ialah salah satu ucapan atau mendo’akan sesama umat muslim disaat seseorang sedang kondisi sakit, dengan do’a tersebut, maka sangat diharapkan jika orang tersebut akan segera sembuh atau sehat.

Selain arti dari syafakillah, banyak juga sebagian orang yang mencari makna sendiri dari kalimat syafahullah, yang maknanya sebetulnya sama saja.

Yakni mendo’akan kesembuhan seseorang yang sedang sakit, Bedanya jika dua ucapan sebelumnya adalah ditujukan untuk orang kedua atau lawan bicara.

Namun, jika syafahullah ialah ditujukan untuk orang ketiga, dan syafakillah untuk satu orang yang sedang sakit saja. Dalam aturan bahasa Arab penggunaan kalimat syafakillah hanya di tujukan kepada orang yang sedang sakit.

Ada beberapa penggunaan Syafakillah yang benar adalah :

1. شفاك الله Syafakallah” semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepadamu ( laki-laki).

2. شفاك اللهSyafakillah” semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepadamu (perempuan).

3. شفاكم اللهSyafakumullah” Semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepada kalian (laki-laki).

4. شفاه الله Syafahullah” semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepadanya (laki-laki).

5. شفاها اللهSyafahallah” semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepadanya (perempuan).


6. شفاهم الله Syafahumullah” semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepada mereka (laki-laki).

7. شفاهن اللهSyafahunnallah” semoga Alloh selalu memberikan kesembuhan kepada mereka (perempuan)

Penggunaan Syafakillah

Salah satu ungkapan do’a kepada seseorang, penggunaan Syafakillah yang sesuai tata bahasa orang Arab biasanya menggunakan nya dalam keseharian.

Adapun arti, ungkapan ini memang merupakan do’a semoga cepat sembuh, dalam bahasa Arab nya. Ada pula ungkapan yang semacam ini sama halnya kita mendo’akan kepada teman atau kerabat yang sedang sakit.

Syafakillah ini merupakan ungkapan sehari-hari seseorang kepada orang lain yang sedang sakit.

Namun, secara umum Penulis pun belum pernah menemukan riwayat tentang salah satu penggunaan kata ‘Syafakillah’ ini.

Di masa Rasulullah SAW, beliau hanya mengajarkan Do’a- do’a dibawah :

Inilah Do’a Rasulullah SAW , ketika kita menjenguk orang yang sedang sakit

Do’a Menjenguk Orang Sakit

Yang artinya :

Ya Alloh Tuhan bagi semua umat, hilangkan lah penyakitnya, sembuhkanlah iya. (Hanya) kepada engkau lah yang dapat menyembuhkannya, tidak ada kesembuhan melainkan kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak kambuh lagi ”

Selain memanjatkan do’a untuk orang yang sedang sakit, ada baiknya juga memberi ucapan agar orang yang sedang sakit mendapat semangat untuk sembuh. Bagi sesama muslim ucapakanlah lekas sembuh dengan menggunakan bahasa Arab akan bisa terdengar lebih baik.

Keutamaan Syafakillah

Adapun keutamaan yang akan diperoleh ketika mengucapkan syafakillah, dalam menjenguk saudara atau kerabat yang sedang sakit sangat membawa banyak berkah.

Keutamaan tersebut antara lain iyalah :

  • Mendapatkan pahala
  • Di do’akan oleh Malaikat Alloh
  • Kelancaran urusan dunia
  • Jaminan kebaikan dari Alloh
  • Mendapat kebun di surga

Melihat keutamaan yang begitu banyak, mulailah untuk kepedulian kita dengan sesama muslim atau kerabat kita terutama disaat mereka sedang sakit.

Berdasarkan arti syafakillah, yang mengungkapkan kalimat tersebut menunjukkan bahwa kita mengharapkan kesembuhan dari Alloh untuk kerabat.

Dan jangan lupa untuk membantu kerabat yang sedang sakit atau setidaknya kita mengunjungi untuk mengetahui kondisinya dan ucapkanlah syafakillah untuk mendo’aka orang yang sedang sakit.

Adap Mengucapkan Syafakillah

Agar kita mendapatkan keutamaan yang di janjikan disaat kita mengucapkan syafakillah dalam menjenguk orang yang sedang sakit, ada juga beberapa adab menjenguk orang sakit yang sesuai dengan Sunnah. Adapun beberapa adab tersebut ialah sangat dianjurkan dan dilakukan,

berikut adab mengucapkan syafakillah atau menjenguk orang yang sedang sakit yang benar.

  • Niat yang tulus dan benar
  • Menyegerakan niat yang baik
  • Memilih waktu yang sangat tepat
  • Duduk di dekat kepala orang sakit yang dijenguk
  • Menanyakan keadaan
  • Menghibur orang yang sedang sakit
  • Mendo’akan

Nah, itulah beberapa adab yang benar dan sesuai dengan Sunnah ketika Anda akan menjenguk orang sakit. Sebagai sesama manusia yang saling membutuhkan, tentu suatu hal yang sangat baik bagi kita untuk saling menolong.

Nah, itulah beberapa hal yang penting harus kita pahami mengenai arti Syafakillah yang kerap diungkapkan sesama umat Muslim.

Salah satu yang menjadikan umat Islam yang baik adalah, dengan tetap berada di jalur kebenaran dan mentaati perintahnya atau menjauhi larangan nya.

yang di mana, dengan menjauhi laranganya dan mentaati perintah menjadi sebuah hal yang utama dibandingkan dengan hal yang lainnya.

Semoga dengan mengulas Arti Syafakillah ini bisa menambah nya ilmu pengetahuan kita tentang Agama yang baik, dan semoga bisa mermanfaat bagi pembaca. Aminn

Baca Juga :