Arti Barakallah Fii Umrik

Posted on

Bismillahirrahmanirrahim, Hallo sobat sering sekali kita mendengar kata barakallah fii umrik, karena kata tersebut sering digunakan sebagai salah satu ucapan ulang tahun islami kepada orang lain.

Ucapan ini kebanyakan digunakan ketika seseorang sedang milad (ulang tahun), atau bertambahnya usia.

Maka alangkah baiknya mulai sekarang kita mengucapkan barakallah fii umrik ini kepada semua umat yang beragama Islam di saat merayakan hari kelahirannya.

Dan janganlah kita mengucapkan happy birthday, karena ucapan ulang tahun seperti happy birthday merupakan ucapan ulang tahun dari orang barat.

Maka dari itu lebih baik kita mulai dari sekarang lebih membiasakan untuk mengucapkan barakallah fii umrik di saat ada saudara kita yang Milad (ulang tahun).

Simak penjelasan dibawah ini tentang Arti barakallah fii umrik :

Arti Barakallah Fii Umrik

Barakallah fii umrik adalah semoga mendapatkan berkah dari dari Alloh SWT dalam usiamu, atau sebagian orang juga mengartikan sebagai semoga diberkahi allh.

Berarti bisa kita simpul kan bahwa barakallah fii umrik mempunyai arti adalah semoga mendapatkan berkah dari Allah SWT dalam usiamu, Bisa juga diartikan semoga diberkahi Allah di usiamu saat ini.

Ketika orang lain mengucapkan kalimat barakallah fii umrik kepada kita, hal itu merupakan bacaan Do’a kepada kita, yang artinya supaya kita mendapatkan limpahan rahmat dan hidayah dari Allah SWT.

Adapun untuk jawaban Barakallah fii umrik sendiri adalah, salah satunya dengan mengucapkan Wa fiika barakallah yang berarti Semoga Allah juga memberkahimu.

Baca Juga : Arti Barakallah Fiikum

Barakallah Fii Umrik Kepada Laki-laki

Barakallah Fii Umrik Arab untuk pria sedikit berbeda dengan untuk wanita, hanya ada perbedaan di dhomirnya saja.

Adapun redaksi barak Alloh fii umrik untuk laki-laki adalah sebagai berikut:

lafadz
 barakallah fii umrik

laki-laki

Arti dari lafadz kalimat tersebut kurang lebih ” Semoga Alloh memberkahi umurmu “

Barakallah Fii Umrik Kepada Perempuan

Jika pengucapan kepada perempuan di tulis menggunakan kasroh untuk dhomirnya, maka untuk laki laki harkat fathah, sehingga di baca ‘ Umrika, bukan Umriki.

lafadz
 barakallah fii umrik

perempuan

Arti dari lafadz kalimat tersebut kurang lebih ” Semoga Alloh memberkahi umurmu wahai ikhti” ( saudara perempuanku).

Jikalau kita sedang merayakan ulang tahun atau hari kelahiran kita lalu ada yang mendoakan seperti itu, tentunya kita sangat bahagia dan mudah-mudahan Alloh mengabulkan doa tersebut.

Sehingga sisa umur kita benar-benar berkah dan menjadi sisa umur yang bermanfaat selalu terjaga dalam bimbingan Alloh SWT.

Marilah kita Saling Do’a mendo’a kan setiap ada saudara kita yang seiman dan seagama merayakan hari kelahirannya, hal yang seperti di atas tentulah merupakan hal yang baik bagi kita semua.

Baca Juga : Arti Jazakallah Khairan

Jawaban Barakallah Fii Umrik

Karena orang yang mendo’akan kita menggunakan bahasa Arab, maka kita juga menjawab dengan menggunakan bahasa Arab juga.

Seandainya kita sedang milad atau berulang tahun, lalu teman kita mengucapkan barakallahu fii umrik, maka kita bisa langsung mengaminkan nya untuk pertama kalinya.

Masa ketika kita mendengar doa yang baik tidak kita aminkan?

Jadi setelah mendengar do’a dari saudara kita, langsung kita jawab Amin ya robbal ‘alamin, berharap agar do’a tersebut bisa diijabah oleh Alloh Subhanahu Wata’ala. Aminn

Setelah kita mengaminkan, kita juga mendo’akan agar berkah tersebut juga mengalir kepada orang yang mendoakan kita.

Untuk menjawab ucapan barakallahu fii umrik dengan ucapan seperti :

Untuk
Laki-laki

Untuk laki-laki kita harus jawab dengan Do;a juga “wafiika baarokallaahu”, yang Artinya kurang lebih “dan atasmu mudah-mudahan Allah memberkahimu juga”.

Sedangkan untuk perempuan bisa kita juga balas dengan jawaban:

Untuk
Perempuan

“Wafiiki baarokallahu”.

Atau untuk orang yang banyak bisa menggunakan kalimat:

Wafiikum Barakallahu

Hukum Mengucapkan Ulang Tahun

Didalam mengucapkan selamat ulang tahun bisa di bagi menjadi Dua bagian adalah :

Dari Sisi Sosial

Kita sebagai makhluk sosial, pasti akan berinteraksi dengan orang lain, baik itu teman sekolah atau partner bisnis, dan relationship lainnya.

Hari ulang tahun merupakan hari yang sangat spesial di hati setiap orang, dan sebagian orang muslim yang baik, menunjukkan keramah tamahan, pembelaan, dan sikap berupaya membahagiakan, merupakan sesuatu yang tidak terlarang untuk dilakukan.

Selain ucapan selamat ulang tahun, saling memberi kado juga baik, Hal ini justru di contoh kan rasulullah saw dalam hadits nya.

Yang Artinya:

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, sering menerima hadiah dan biasa pula membalasnya. (HR. Bukhari, no. 2585)

Dari Sisi Agama

Adapun hukum dari sisi agama, hukum mengucapkan selamat ulang tahun ini terbagi lagi menjadi dua bagian yaitu:

  1. Pertama, pendapat yang membolehkan, dengan sebuah dalil bahwa tidak adanya contoh dari Rasulullah bukan berarti hal ini terlarang. Sebab setiap perbuatan ini hukum asalnya adalah mubah (boleh) kecuali ada larangan.
  2. Kedua, pendapat yang mengharamkan, dengan sebuah dalil tidak adanya contoh Rasulullah atau para sahabat mengucapkan selamat ulang tahun.

Ada beberapa hal yang tidak dianjurkan bahkan dilarang ketika merayakan ulang tahun di antaranya:

  • Baju yang membuka aurat
  • Musik-musik yang tidak baik
  • Meniup lilin
  • Pesta berlebihan

Adapula hal yang kurang baik di atas, kalian bisa menambahkan hal di bawah ini ke susunan acara ulang tahun kalian agar bisa mendapatkan keberkahan:

  • Mengundang anak yatim
  • Berbagi pada orang yang kurang mampu seusai acara
  • Renungan kehidupan
  • Shalawat
  • Urun saran dan nasehat untuk yang ulang tahun

Demikian ulasan mengenai arti barakallah fii umrik arab, jawaban dan ucapan ulang tahun islami. Semoga bermanfaat untuk pembaca sekalian. Aminn

Baca Juga : Tafadhol Artinya