Arti Ar Rahman

Posted on

Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh sobat rumus.co.id kali ini akan berbagi ilmu yang sangat bermanfaat untuk kehidupan kita, ya itu akan menyampaikan Arti Ar Rahman dalam asmaul husna lengkap dengan pengertian, makna dan keutamaannya.

Ar Rahman merupakan salah salah satu nama Alloh yang tercantum dalam asmaul husna dengan keutamaan uang memiliki sifat untuk memberikan kasih sayang kepada semua makhluk yang diciptakan oleh Allah Subhanahu Wa Ta’ala di alam semesta ini, Supaya lebih mudah memahami nya lansung saja simak pembahasan di bawak ini

Ar Rahman Adalah

Arti-Ar-Rahman

Ar Rahman berasal dari bahasa Arab الرحمن berarti kata Mahakuasa ialah bahwa Allah SWT selalu memberikan hadiah kepada hamba Nya yang sering menyebut namanya, Misalnya, udara untuk bernafas dan air untuk hidup.

Ar Rahmaan juga sebagai bahasa yang suci Alif Lam Ra Ha Mim Nun. Enam surat Hijaiyyah Ismun Jami ‘, yaitu Alif Lam Ra, Ha Mim dan Nun. Ar Rahmaan karena tidak ada nama yang baik selain nama Allah Ta’ala.

Dalam memahami Ar Rahmaan yang begitu banyak penjelasan dari Alquran yang sangat jelas bahwa kepercayaan pada Kitab Allah Ta’ala, pasti akan mendapatkan pertolongan besar dari Alloh.

Baca Juga: Arti Barakallah Fii Umrik

Makna Tentang Ar Rahmaan

Dalam Al qur’an ditanyakan dengan mengamalkannya Asma Ar Rahmaan merupakan bagian dari ayat dalam Al Qur’an yang paling sering dibaca oleh Rasulullah karana untuk mendapatkan keberberkahan.

Rahmat sebuah kedudukan yang sangat tinggi karna Allao subahanahu wa ta’ala mengatakan bahwa di utusnya Rasulullah SAW turun ke dunia ini untuk membawa rahmat dari Alloh.

Berikut Makna dalam Ar Rahmaan:

  • Sebagai Sifat Dzat Allah dengan nikmat dunia hingga akhirat
  • Sebagai maha penyayang
  • Sebagai maha luas dan kekal

Baca Juga: Arti Syukron

6 Keutamaan Ar Rahman

Dari pembahasan singkat diatas maka kami juga akan memberikan beberapa keutamaan yang terdapat dalam Ar Rahman.

Berikut ulasan detailnya:

1. Ar Rahman Sebagai Pujian Kepada Alloh

Kata Ar Rahman Sebagai Pujian Kepada Alloh karena dengan memuji nama Alloh ketika membaca Ar Rahman maka sepenuh nya menyerahkan diri kepada Tuhan dengan sepenuh hati.

2. Mengingatkan bahwa Allah Lah sifat Ar Rahman

Isi surat Ar Rahman adalah terjemahan dari semua berkah Tuhan dengan menyatakan bahwa Allah Ar Rahman mengingatkan kita untuk merasa kasihan pada Tuhan dan makhluk lain.

Baca Juga: Arti Barakallah Fiikum

3. Mengingatkan Tidak mengkufuri nikmat

Dijelaskan bahwa Ar Rahman menggambarkan banyak kebaikan dan manusia diciptakan membaca dengan segenap hati kita dan akan mendapatkan pertolongan dalam hidup nya, bahwa segala sesuatu dalam hidup diberikan oleh-Nya.

4. Mengingatkan Keimanan Pada Alloh

Nabi Muhammad telah mengajarkan dengan perbuatan nya yang lemah lembut dan kasih sayang kepada umatnya, dengan menyebut nama Alloh Ar Rahman pasti akan mendapatkan kasih sayang dari Alloh.

Baca Juga: Jazakallah Khairan Artinya

5. Mengingatkan manusia

Dalam hal ini juga mengatakan bahwa mengingatkan manusia karena Alloh lah serangkaian nama yang baik sehingga manusia yang diingat dengan membaca ayat tersebut, akan mendapatkan keberkahan.

6. Mendapat Keridhoan Allah

Rasulullah SAW mengatakan Siapa pun yang membaca surat Ar Rahman , Allah akan mencintai kelemahannya dan memberkati nya dan akan mendapatkan kebaikan.

Demikian sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang Arti ar Rahman dalam asmaul husna lengkap dengan keutamaannya, semoga artikel ini dapat bermanfaat sekian dan terima kasih, Wallahu A’lam.

Baca Juga: Arti Syafakillah