Arti Ambigu

Posted on

Hallo sobat kali ini rumus.co.id akan membahas artikel tentang Arti Ambigu dalam bahasa gaul serta pengertian, makna, asal kata, jenis, faktor dan contohnya supaya mudah di pahami.

Ambigu itu – adalah sebuah pemahaman kalimat yang memiliki makna ganda / taksa yang akan menimbulkan keraguan bagi orang lain dan biasanya menjadi struktur kalimat yang salah sebagai penggunaan kata-kata polisemik, sehingga dalam pembuatan kalimat sesuai dengan kalimat yang sebenarnya.

langsung saja simak pembahasan di bawah ini…?

Ambigu Adalah

Arti-Ambigu

Ambigu adalah makna yang tidak pasti dan jelas yang dimaksudkan untuk dipahami oleh seseorang dalam bentuk kata-kata dengan tujuan yang menyebabkan kebingungan yang mengandung interpretasi.

Ambigu juga jenis kata sifat yang memiliki lebih dari satu makna atau banyak makna sehingga hal ini dapat mengarah pada ambiguitas, sebagai kata keraguan dengan suatu pemahaman tentang kalimat.

Dalam keraguan atau ambiguitas ssebuah kata atau frasa biasanya menjadi ambigu karena struktur kalimat yang salah, intonasi dan penggunaan kata-kata polisemik.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia, ambigu berarti sebuah kata yang memiliki lebih dari satu makna sehingga dapat menyebabkan keraguan menentukan kalimat yang tertulis.

Dalam bahasa tertulis maka hal ini bisa terjadi jika tanda ejaan tidak ditempatkan dengan benar dan mengarah ke makna yang akan muncul dalam kata-kata, frasa, atau kalimat.

Baca Juga: Arti Bucin

Faktor Terjadinya Ambigu

Ambigu-gambar

A. Faktor Morfologis

Faktor morfologi adalah sebuah masalah yang berasal dari pembentukan kata itu sendiri.

Contohnya:

Pena Daffa dibawa oleh Anggi

Kalimat ini berarti:

  • Pena Daffa tidak sengaja terbawa oleh Anggi
  • Pena Daffa tidak sengaja dibawa oleh Anggi

Contoh tersebut menunjukkan bahwa ambiguitas dapat disebabkan oleh pembentukan kata dalam sebuah kalimat.

Baca Juga: Arti Nolep

B. Faktor Sintaksis

Faktor sintaksis adalah sebuah masalah yang akan terkadi dengan adanya rumusan kalimat.

Contohnya:

  • Ditto pria yang keras kepala yang sulit dinasihati.
  • Rino memiliki kepala yang keras seperti batu sehingga dia dapat memecahkan balok es.

Dalam contoh di atas memiliki arti yang berbeda setelah urutan kata-kata sudah tersusun dan diubah.

Baca Juga: Arti Gabut

C. Faktor struktural

Faktor struktural adalah sebuah masalah yang terjadi dengan terbentuknya struktur dalam suatu kalimat.

Contohnya:

  • Lala dirawat di Rumah Sakit Permata dan terkena penyakit demam berdarah
  • Lala dirawat di Rumah Sakit Permata disebabkan kena serangan nyambuk

Kalimat – kalimat dapat digambarkan bahwa arti kata itu dengan sengaja berubah menjadi bentuk acak oleh pembentukan kata dalam sebuah kalimat.

Baca Juga: Arti Wibu

Jenis Kalimat Ambigu

Dalam berbagai jenis kosa kata atau kalimt yang dapat di jadikan bahan pembentuk kalimat, maka kami juga akan memberikan beberapa jenis dalam kalimt ambigu diantaranya.

1. Fonetik

Fonetik adalah salah satu jkalimat yang dihasilkan dari pengucapan persamaan suara karena halk ini terjadi selama percakapan yang sering terjadi dalam dialog harian.

Dalam hal ini juga sering muncul dengan nada yang diucapkan antara “mengatakan”, memberi makanan dan “pengetahuan”, memberikan informasi untuk mendengarkan seluruh percakapan.

2. Tata Bahasa

Tata Bahasa adalah salah satu jenis dalam pembentukan kalimat Seperti proses pendidikan dalam tata bahasa yang mengarah ke kata-kata dalam konteks kalimat sedang.

3. Leksikal

Leksikal adalah salah satu Jenis dalam pembentukan kalimat dengan Ketidakjelasan jenis yang disebabkan oleh faktor kata itu sendiri yang kurang baik, seingga kalimat memiliki arti yang berbeda.

Baca Juga: Pariwisata Adalah

Contoh Kalimat Ambigu

Untuk lebih menambah dalam pemahaman yang terkait dalam kalimat ambigu, maka kami juga akan memberikan beberapa contoh kalimat ambigu dalam Bahasa Indonesia.

Diantaranya:

Gedung sekolah akan diresmikan oleh Bapak Bupati.

Kalimat di atas sebagai ungkapan.
Gedung yang baru disekolahan telah diresmikan oleh Bapak Bupati

 Putri tante ira yang berbaju puti itu berasal dari Bali

Kalimat di atas sebagai ungkapan.
Putri tante yang berbaju pituh itu berasal dari Bali

Sekian sobat yang dapat kami sampaikan pembahasan tentang arti dari kalimat ambigu dalam Bahasa Indonesia pengertian, jenis-jenisnya, semoga dapat bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Arti Ambyar