Arti Al Hasib

Posted on

Assalamualaikum,,, sobat pada kesempatan kali ini rumus.co.id akan menyampaikan artikel tentang Arti Al Hasib Sebagai nama Alloh yang terkandung dalam asmaul husna lengkap dengan, pengertian, makna dan keutamaannya supaya mudah di pahami.

Apa itu Al Hasib hal ini adalah salah satu nama Alloh dalam asmaul husna yang berarti Alloh maha pemurah dengan sifat dan zhat nya, maka semua apa yang terjadi semua itu atas kehendak Alloh, sehingga manusia harus benar-benar meyakini bahwa Alloh itu ada dan dapat membantu hambanya. langsung saja simak pembahasan di bawah ini.

Al Hasib Adalah

Arti-Al-Hasib

Kata Al-Hasib berasal dari kata hasiba kata Al-Hasib berasal dari dasar ha, sin dan ba, yang memiliki empat makna yang mencukup menghitung dan memenuhi dan menjadi nama-nama Allah.

Al-Hasib berarti bahwa Allah Maha Pemurah, membalas perbuatan makhluk-Nya dan terperinci, tidak ada satu kesalahan pun, Al-Hasib juga mencukupi dapat digunakan oleh apa yang dia miliki.

Tuhan adalah ukuran dari segalanya dan Dia sudah cukup karena tidak ada keberadaan yang dapat memuaskan selain keberadaan Allah, segala sesuatu yang ada dan yang sempurna hanyalah Alloh.

Manusia memiliki karakter dalam arti dapat dianggap memenuhi kebutuhan orang lain yang sangat akurat yang bisa menyerupai atau sesuai dengan perhitungan Tuhan.

Baca Juga: Ukhti Fillah Artinya

Allah SWT berfirman yang artinya:

“Dan jika hanya sesulit biji sesawi, Kami membawa (hadiah), Dan itu cukup bahwa kita menggunakannya sebagai kenikmatan.”
“Ketahuilah bahwa seluruh hukum (hari itu) adalah miliknya, Dan dia adalah tuhan yang patut disembah.”
“dan siapa pun yang percaya pada Allah, Allah akan memenuhi kebutuhannya, Sesungguhnya, Allah melakukan urusannya (diinginkan), Sesungguhnya, Allah telah mengurus segalanya.”

Dalam hal ini juga Al-Hasib berarti Allah cukup untuk semua kebutuhan makhluk-Nya dengan mencukupi bagi mereka yang mengandalkan dan hanyan meminta kepada Alloh.

Di awal setiap kegiatan, ia selalu berusaha menghadirkan niat tulus. Ini berarti bahwa semua kegiatan yang dilakukan dihitung dan dievaluasi dengan benar dan jujur.

Selain itu juga Al-Hasib dapat membangkitkan perasaan yang nyaman, ketenangan karena dia percaya Allah adalah yang paling mencukupi untuk semua kebutuhannya.

Baca Juga: Arti Al Malik

Makna Nama Alloh Al-Hasib

Dari pembahasan diatas maka kami juga akan meberikan beberapa makna yang terkandung di dalam nama al hasib diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Menciptakan semua kebutuhan untuk kelangsungan hidup didunia dan membuat kehidupan yang nyaman dan tenang.
  • Hanya untuk hamba-hambanya yang takut dan percaya padanya akan mendatkan bantuan yang layak dari Allah SWT dan akan memperbaiki semua urusan mereka.

Allah SWT berfirman:

وَمَنَ يَتَ اللَّهَ يَجَعْلْ لَهُ مَخْرَخْجَا

” Siapa pun yang berbakti kepada Allah pasti Alloh akan memberinya jalan yang terbaik dan memudahkan semua urusannya.”

Al-Hasiib berarti bahwa Yang Maha Kuasa memantau hamba-hambaNya dengan tindakan dan kemuliaan dengan kebenaran (sempurna) dan kebajikan (dari-Nya). Bagi hamba-Nya dalam kesedihan dan kebingungan dan Allah akan beri jalan keluarnya.

Baca Juga: Arti Ar Rahman

Meneladani asma Al Hasib Dalam Diri Manusia

A. Hendaknya harus manusia menyadari bahwa Allah yang memberi kecukupan dan yang memberik kemudian serta mengarahkan kehendaknya kepada Allah

B. Jika pandangan dipenuhi dengan rasa cinta hendaknya berusaha akan mendapatkan dan dianugerahi Allah

C. Hendaknya harus melakukan hal yang terbaik sebelum Allah melakukan perhitungan kelak.

Demikianlah yang dapat kami sampai materi tentang Arti Al Hasib, salah satu nama Alloh yang terdapat dalam asmaul husna, semoga apa yang sudah kami sampaikan dapat berguna dan bermanfaat, sekin dan terima kasih.

Baca Juga: Arti Al Amin