Mengenal Apa Itu VPS dan Cari Tahu Manfaatnya Untuk Website Anda

Posted on

Apakah kamu sudah pernah tahu tentang apa itu VPS? VPS atau private server merupakan salah satu layanan hosting yang dipakai untuk menjalankan suatu website. Selain VPS, ada juga jenis layanan hosting lain yang kerap dibanding-bandingkan dengan private server yakni shared hosting.

Di artikel ini, kamu akan segera menemukan informasi lengkap mengenai pengertian, manfaat serta jenis website apa saja yang cocok menggunakan layanan hosting satu ini.

Apa Itu VPS?

vps

VPS atau Virtual Private Server merupakan server pribadi yang hanya memiliki satu pengguna saja. Pengguna dari private server ini memiliki kuasa penuh atas pemanfaatan ruang, konfigurasi dan resource tanpa harus ‘berbagi’ ke pengguna yang lain.

Berbanding terbalik dengan shared hosting yang mana seluruh resource-nya harus dibagi-bagi ke seluruh pengguna lain. Dalam beberapa hal, layanan shared hosting terbilang kurang efektif, terutama untuk jenis website yang memiliki jumlah trafik tinggi.

Tipe layanan hosting ini memanfaatkan teknologi virtualisasi server fisik yang terbagi ke dalam beberapa macam resource yang berbeda. Nama virtual dalam VPS ini merujuk pada pembagian resource dalam bentuk software.

Singkatnya, dalam satu hardware server fisik ada beberapa layanan VPS yang bisa pengguna jalankan. Ibarat komplek perumahan, server fisik adalah kompleksnya sementara private server adalah rumah-rumah yang kamu huni.

Manfaat Menggunakan VPS Hosting

Setelah kamu memahami tentang apa itu VPS, kini saatnya beralih ke pembahasan seputar manfaat private hosting bagi pemilik website. Private server dikenal sebagai layanan hosting yang aman, stabil, serta memiliki kapasitas besar dibanding dengan shared hosting.

Itulah sebabnya private server kerap menjadi rekomendasi hosting terbaik bagi website-website besar karena mampu menawarkan beragam manfaat sebagai berikut.

1. Dapat Menampung Trafik yang Tinggi

Pernahkah kamu menjumpai masalah website lemot? Salah satu alasan yang sering terjadi adalah karena banyaknya pengunjung yang mengakses halaman tersebut secara bersamaan. Sementara, kapasitas website nya tidak cukup untuk menampung trafik sebanyak itu.

Masalah ini dapat kamu atasi dengan beralih ke layanan private hosting demi kelancaran dan kecepatan muat website kamu.

2. Memiliki Fitur Penyimpanan secara Online

Private hosting menyediakan layanan penyimpanan berbasis cloud sehingga kamu dapat menyimpan jenis file apapun secara online. Bagusnya lagi, baik kamu maupun pengunjung website tetap bisa mengakses penyimpanan ini kapanpun tanpa batasan waktu.

3. Dapat Mengelola Server secara Remote

Karena sifatnya yang virtual, kamu dapat mengontrol server secara remote dan bebas di mana pun kamu berada. Praktis dan fleksibel bukan?

Website Seperti Apa yang Perlu Menggunakan Private Hosting?

Setelah kamu memahami apa itu VPS beserta beberapa manfaatnya, berikut adalah beberapa kondisi website yang perlu memakai layanan private hosting.

  • Website yang mulai memiliki traffic visitor tinggi
  • Saat jumlah karyawan sudah semakin meningkat sehingga perlu membuat akun email bisnis yang semakin banyak
  • Mengelola bisnis B2C karena perlu layanan yang responsif
  • Menjalankan usaha B2B karena memiliki jumlah trafik yang tinggi
  • Saat website kamu memiliki banyak jenis data yang harus di-upload

Jika kamu mengalami kondisi website seperti di atas, kamu perlu segera beralih dan gunakan layanan vps terbaik untuk website dari Niagahoster. 

Niagahoster merupakan salah satu penyedia layanan VPS hosting terpercaya dan sudah dipakai oleh jutaan pengguna. Niagahoster mampu memenuhi kebutuhan sewa private hosting yang handal, kredibel, dan dengan tawaran harga yang terjangkau. Jika kamu termasuk salah satu pengguna layanan shared hosting dari Niagahoster, yuk segera upgrade dan beralih ke VPS hosting demi kelancaran website kamu.

Related posts: