Apa Alasan Bangsa Indonesia Untuk Memperjuangkan Kemerdekaannya

Posted on
Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaannya

Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaannya – Perjuangan kemerdekaan bangsa Indonesia adalah salah satu episode yang paling bersejarah dan paling jauh kedalam struktur kenangan dan juga kesadaran bangsa secara keseluruhan.

Namun, dibenak kita pasti masih ada pertanyaan, Apa Alasan Bangsa Indonesia Memperjuangkan Kemerdekaan? Nah, untuk itu, pada kesempatan kali ini Rumus.co.id akan membahas mengenai jawaban atas pertnayaan tersebut.

Alasan Bangsa Indonesia Untuk Memperjuangkan Kemerdekaan?

Jawaban Adalah :

Alasan mengapa bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya, hal ini sudah dirumuskan oleh para pejuang kemerdekaan terdahulu yang tercantum didalam pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, tepatnya berada di Alenia pertama, yang berbunyi :

Kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa

Hal tersebutlah yang kemudian menjadi alasan bangsa Indonesia untuk mempertahankan kemerdekaannya. Sebab menurut bangsa Indonesia sendiri kemerdekaan merupakan suatu hak yang mana semestinya mereka miliki sejak lahir.

Mereka juga menganggap bahwa kemerdekaan merupakan suatu hal yang sangat mutlak, dimana hal tersebut akan terjadi kepada seluruh bangsa dan juga negara yang ada di dunia ini.

Baca Juga : Rumusan Bpupki pada Sidang Pertama dan Kedua

Cita-Cita Bangsa Indonesia Dibalik Fight For Independence

Namun, tidak hanya itu saja, sebab bangsa Indonesia mempunyai beberapa cita-cita dibalik alasan mengapa bangsa Indonesia memperjuangkan kemerdekaannya tersebut, yaitu antara lain adalah sebagai berikut :

  • Dengan adanya kemerdekaan tersebut, maka bangsa Indonesia bisa mempertahankan tanah air dari para penjajah yang ingin menguasai negara kita.
  • Kemerdekaan ini juga dapat dijadikan sebagai alasan untuk mensejahterakan rakyat Indonesia dimasa yang akan datang.
  • Dengan adanya kemerdekaan tersebut, maka kita dapat mencerdaskan kehidupan berbangsa dan juga bernegara.
  • Kemerdekaan juga dapat dijadikan sebagai momen pemersatu bangsa dan juga negara.
  • Adanya kemerdekaan ini juga, menjadi salah satu bukti bahwa Bangsa Indonesia tidak bisa dipandang dengan sebelah mata.

Setelah kita melihat dan menyimak penjelasan yang ada diatas, dapat disimpulkan bahwa Kemerdekaan merupakan sebuah hak yang dimiliki oleh semua bangsa dan juga Negara.

Sebab dengan adanya sebuah kemerdekaan, Bangsa akan dapat lebih mensejahterakan rakyatnya, khususnya dimasa yang akan datang.

Kemerdekaan ini juga akan membuat kita dapat menjalani serta mengatur berbagai macam urusan negara yang susai dengan peraturan yang sudah ditetapkan didalam suatu negara. Tanpa harus mendapatkan perintar, diatur, perbudakan serta dikuasai oleh Negara lain.

Namun, jika kita ingin membuat kemerdekaan yang sudah kita dapatkan bisa mewujudkan cita-cita negara dengan lancar, maka hal ini harus didukung dengan adanya generasi penerus yang cerdas dan juga inovatif.

Baca Juga : Rumusan Asas Dasar Negara RI Dikemukakan Oleh

Daftar Para Pahlawan Yang Ikut Fight For Independence

Kemerdekana ini, tidak bisa kita dapatkan begitu saja, atau dengan kata lain terdapat beberapa pahlawan atau tokoh yang sudah berjuang sangat keras, demi mendapatkan kemerdekaan bangsa Indonesia ini, yaitu diantaranya adalah :

1. Soedirman

Soedirman, tepatnya pada usia 31 tahun, ia sudah bergabung dengan para pahlawan kemerdekaan, demi memperjuangkan kemerdekaan Bangsa Indonesia.

2. Hasyim Asyari

Hasyim Asyari, adalah salah satu Pahlawan Nasional Indonesia sekaligus menjadi pendiri dari organisasi Nahdlatul Ulama (NU), yang merupakan sebuah organisasi Islam terbesar yang ada di Indonesia.

3. Pangeran Dipenogoro

Pageran Diponergoro, menjadi salah satu pahlawan yang sangat berperan besar dalam memimpin Perang Diponegoro yang terjadi selama lima tahun, yaitu mulai dari tahun 1825 hingga ke tahun 1830.

4. Ki Hajar Dewantara

Ki Hadjar Dewantara, menjadi salah satu aktivis pergerakan dan perjuangan kemerdekaan, dimana semasa hidupnya Ki Hadjar Dewantara sangat berperan besar didalam dunia pendidikan Indonesia.

5. Bung Tomo

Bung Tomo, menjadi salah satu pahlawan nasional yang telah membangkitkan semangat nasionalisme bangsa Indonesia dalam rangka melawan tentara Nederlandsch Indie Civil Administratie (NICA) Belanda dalam pertempuran yang terjadi pada 10 November. 

6. R.A. Kartini

R.A. Kartini, adalah salah satu pejuang nasional wanita yang berperan besar dalam rangka memperjuangkan kesetaraan hak dari para kaum perempuan di semasa hidupnya.

Baca Juga : Rumusan Apa Yang Dihasilkan Panitia Sembilan

7. Sultan Hasanuddin

Sultan Hasanuddin, mendapatkan julukan sebagai Ayam Jantan dari Timur, sebab menjadi salah satu pahlawan pejuang kemerdekaan bangsa Indonesia yang berasal dari Sulawesi Selatan.

Tidak hanya itu saja, setelah naik takhta menjadi seorang sultan, ia berusaha untuk menggabungkan kerajaan-kerjaan kecil di Indonesia dengan tujuan agar memberikan perlawanan yang cukup sengit kepada pihak Belanda.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi para pembaca.