Angin Muson

Posted on

Materi Angin Muson – mengenai pengertian, proses, jenis jenis, dampak, sejarah dan gambar secara detail supaya lebih mudah dimengerti. Semua yang mencakup di atas memiliki pengertian masing-masing dan tentu saja mempunyai ciri dari beberapa pengertian yang khas sehingga dinamakan sebagai berikut.

Untuk lebih jelasnya lagi akan kemi jabarkan pada artikel di bawah ini :

Pengertian Angin Muson

Angin-Muson-

Angin Muson, merupakan angin yang bergerak dan dapat dirasakan oleh manusia karena alam ini mempunyai kekuatan dari sumber yang berbeda- beda sehingga angin ini bisa dikatakan sebagai angin gunung, angin topan, dan lain sebagainya.

Hal ini juga berasal dari kata “muson” atau mempunyai arti sebagai “musim” meskipun demikian adajuga yang menyatakan bahwa sebagai “Hippalus” yang dapat memanfaatkan untuk proses terjadinya angin itu sendiri.

Angin ini diperkirakan sebagai angin yang pertama kali digunakan untuk berlayar atau sebagai melaut bahkan menyebut nya adalah “Hippalus” dengan demikian kata ini juga merupakan kata yang paling sering digunakan untuk merujuk kepada suatu perubahan musim dalam satu tahunnya.

Maka hal ini bisa di artikan sebagai muson barat dan muson timur :

  • Angin muson barat merupakan angin yang bertiup dari salah satu benua Asia ke benua Australia yang terjadi pada bulan Oktober sampai bulan Maret
  • Angin muson timur merupakan angin yang bertiup dari salah satu benua Australia ke benua Asia biasanya berlangsung pada bulan April sampai bulan Oktober.

Baca Juga : Iklim Matahari

Proses Terjadinya Angin Muson

Angin-Muson
gambar angin muson

Hal ini terjadi karena adanya musim panas sehingga permukaan laut yang menguap pada daratan yang disebabkan udara dari laut yang tinggi kemudian menyebabkan pendinginan dan akan terjadi pengembunan padah tanah.

Hal ini bisa terjadi karena adanya belahan bumi yang mengapit dua samudera seperti pada samudra pasifik yakni :

  • Hal yang demikian menyebabkan suhu udara di darat lebih panas dari pada suhu udara di laut.
  • Udara yang panas pada daratan biasanya akan menyebabkan suhu tekanan yang rendah
  • Hal ini akan sangat konstan karena angin yang bertiup ke arah daratan terlalu kencang.
  • Pada masa-masa ini curah hujan terjadi disebabkan udara laut yang terasa lembab.
  • Kemudian suhu yang dingin akan menjadi lebih sejuk dengan cepat
  • Udara panas yang berada di atas laut akan berkembang naik seketika

Akibat adaya tekanan ini maka terjadilah sebuah pergerakan dari benua Australia sampai Samudera Hindia ke arah benua Asia sehingga pada musim dingin udara akan menciptakan tekanan yang rendah di sebut dengan angin sepoi-sepoi.

Baca Juga : Pencemaran Tanah

Jenis Jenis Angin Muson

Dengan bertambahnya ilmu pengetahuan mengenai muson yang di dasari dari segala fenomena yang terkait pada benua maka dapat di definisikan sebagai salah satu jenis-jenis nya.

Inilah jenis yang terdapat pada peristiwa ini diantaranya :

A. Angin Muson Timur

Hembusan angin dari Timur merupakan angin yang bertiup antara bulan April sampai bulan Oktober di benua sehingga hal ini menjadi musim penghujan setelah pada musim kemarau.

B. Angin Muson Barat

Gambar-Angin-Muson-Barat

Hembusan angin dari barat merupakan angin yang bertiup antara bulan April samapai bulan Oktober di benua sehingga halini disebut sebagai musim panas pada barat daya.

Hal ini merupakan bukti dari kebesaran tuhan untuk membuktikan bahwa menyebabkan kedua musim ini terjadi karena adanya pergerakan bumi pada permukaan laut lalu menyebabkan terjadinya anginyang sangat dahsyat.

Dampak Adanya Angin Muson

Dari beberapa penjelasan diatas tentunya dengan adanya teori ini akan menyebabkan terjadinya musim kemarau di sebuah benua maka terjadi juga dampak positif dan negatif adalah sebagai berikut.

  • Dampak Positif

Dampak positif yang di sebabkan adanya angin muson ini adalah sebuah peningkatan signifikan yang cukup banyak karena dengan adanya musim ini para wisatawan lebih senang untuk berkunjung pada tempat-tempat wisata karena tempat-tempat tersebut menjadi lebih indah.

  • Dampak Negatif

Dampak Negatif yang di sebabkan adanya musim muson ini adalah akan terjadinya dehidrasi yang dialami oleh penduduk karena penduduk perlu untuk mengkonsumsi minuman yang mampu menyegarkan tubuh mereka karena dampak ini mengakibatkan musim kemarau yang sangat panjang tentunya cuaca akan menjadi lebih panas.

Sejarah Angin Muson

Sejarah singkat tentang kata “muson” yang berasalkan dari sebuah kata (mosem), yang berarti merajuk pada perubahan musiman yaitu arah angin pada Samudera Hindia.

Orang yang pertama kali menggunakan teori ini adalah Hippalus, Hippalus hanyalah orang yang berasal dari Yunani, karena telah memanfaatkan angin ini untuk melakukan perdagangan selama ini setiap enam bulan sekali.

Nah sobat demikianlah yang dapat kami sampaikan dalam artikel kali ini tentang Ilmu Geografi, lengkap dengan pengertian contoh, jenis dan dampak yang akan terjadi dengan adanya angin ini. Semoga bermanfaat. Terima Kasih

Baca Juga : Pencemaran Tanah