Analisis SWOT

Posted on

Analisis SWOT – Pengertian, Manfaat, Unsur, Cara Membuat, dan Contohnya – Memimpin suatu perusahaan yang mampu mengelola kegiatan tertentu pasti membutuhkan sistem serta ketentuan tertentu. Tujuannya, tentu saja, agar menjaga suatu perusahaan tetap berjalan dan untuk dapat bersaing dengan pesaing lainnya.

Oleh karena itu, setiap perusahaan biasanya dapat melakukan Analisis SWOT untuk mencapai tujuannya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai Analisis SWOT beserta pengertian, manfaat, cara membuat, contoh.

Analisis SWOT - Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, Contoh

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah sebuah teknik perencanaan strategis yang berguna untuk menilai kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman yang terdapat di suatu perusahaan, baik itu dalam perencanaan saat ini ataupun yang baru.

Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey pada tahun 1960-an, yang saat itu ia sedang memimpin sebuah proyek penelitian di Stanford Research Institute dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Tujuan dari penggunaan metode analisis ini adalah untuk menggambarkan situasi serta kondisi yang tengah dihadapi oleh seseorang untuk membandingkan, daripada mengembangkan alat analisis yang dapat digunakan untuk menemukan solusi untuk masalah yang dimaksud.

Pengertian Analisis SWOT menurut Para Ahli

Selain penjelasan mengenai Analisis SWOT secara umum, terdapat beberapa pengertian dari analisis tersebut yang dikemukakan oleh para ahli, yaitu diantaranya adalah :

1. Rais

Menurut Rais, Analisis SWOT adalah sebuah metode analisis yang paling mendasar dan berguna untuk mengetahui topik serta masalah yang terjadi dari empat sisi yang berbeda.

Hasil akhir dari analisis ini adalah instruksi atau rekomendasi untuk mempertahankan serta memperluas kekuatan dan peluang yang ada, mengurangi kelemahan dan juga mencegah ancaman.

2. Pearce dan Robinson

Analisis SWOT merupakan bagian dari proses manajemen strategis suatu perusahaan yang dirancang untuk mengidentifikasi kekuatan serta kelemahan dari suatu perusahaan.

Kelemahan dan kekuatan dibandingkan dengan peluang dan ancaman eksternal berfungsi sebagai dasar untuk mengembangkan berbagai macam strategi alternatif.

3. Freddy Rangkuti

Menurut Freddy Rangkuti, Analisis SWOT adalah sebuah metode yang didasarkan dengan logika yang mampu memaksimalkan kekuatan serta peluang, atau meminimalkan kelemahan serta ancaman.

Analisis ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi bisnis.

4. Philip Kotler

Analisis SWOT adalah sebuah penilaian yang ditujukan terhadap semua kekuatan, kelemahan, peluang, serta ancaman yang dapat ditemukan pada individu ataupun organisasi.

5. Yusanto dan Wijdajakusuma

Menurut Yusanto dan Wijdajakusuma, Analisis SWOT adalah alat internal dan eksternal dari suatu perusahaan, yang dilihat berdasarkan dengan database sampel 3-1-5 tahunan.

Baca Juga : Contoh Hipotesis

Unsur – Unsur yang Terdapat Pada Analisi SWOT

Seperti yang sudah dibahas di atas, analisis SWOT memiliki empat elemen utama yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman. Berikut penjelasan dari unsur-unsur individu tersebut :

Strength (Kekuatan),

Kekuatan adalah salah satu elemen yang digunakan untuk menganalisis kekuatan dari suatu perusahaan, misalnya seperti kekuatan perusahaan dalam hal posisi strategis, kualitas produksi, teknologi yang digunakan ataupun keunggulan lain yang menekankan keunggulan perusahaan.

Weakness (Kelemahan),

Kelemahan adalah salah satu elemen yang digunakan untuk mengetahui kelemehan yang dimiliki perusahaan. Untuk mengetahuinya, sebuah perusahaan dapat membuat perbandingan dengan para pesaingnya, seperti halnya dengan apa yng dimiliki oleh perusahaan lain namun tidak dimiliki oleh perusahaan sendiri.

Opportunity (Peluang),

Peluang adalah salah satu unsur yang biasanya dibuat pada awal penciptaan bisnis. Hal ini dikarenakan suatu perusahaan didirikan atas dasar peluang untuk mendapatkan kemenangan.

Threats (Ancaman),

Ancaman adalah salah satu unsur yang sangat penting untuk mengetahui apakah bisnis yang kita buat bisa bertahan atau tidak dimasa yang akan datang nanti.

Beberapa hal dimasukkan sebagai unsur ancaman, seperti jumlah pesaing, ketersediaan sumber daya, lamanya minat konsumen dan lain sebagainya.

Faktor – Faktor Pengaruh Analisis SWOT

Selain itu, terdapat beberapa sub-faktor yang sangat mempengaruhi SWOT Analysis dalam suatu perusahaan, yaitu diantaranya adalah :

1. Faktor Internal

Faktor internal adalah salah satu faktor yang memiliki asal-usul dari dalam perusahaan, misalnya seperti kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan itu sendiri. Terdapat beberapa hal yang termasuk dalam faktor internal, yaitu :

  • Sumber daya keuangan yang memadai.
  • Karyawan yang sangat kompeten.
  • Properti teknologi yang terbaru.
  • Kepercayaan masyarakat terhadap suatu perusahaan.
  • Keahlian pemasaran yang baik.
  • Dispersibilitas yang baik dll.

2. Faktor Eksternal

Selain faktor internal, terdapat juga faktor eksternal adalah salah satu faktor yang berasal dari dunia luar perusahaan dan sangat berpengaruh terhadap kinerja perusahaan. Terdapat beberapa hal yang termasuk dalam faktor internal, yaitu :

  • Kemajuan bisnis.
  • Budaya masyarakat.
  • Kebijakan dan ideologi sosial.
  • Kondisi ekonomi dari suatu negara.
  • Peraturan serta pedoman pemerintah.
  • Perkembangan teknologi yang semakin maju.

Manfaat Dari Adanya SWOT Analysis

Banyak sumber mengklaim bahwa analisis SWOT adalah metode analisis yang paling dasar. Analisis ini bermanfaat untuk mengetahui masalah dari empat sisi yang berbeda, yaitu kekuatan, kelemahan, peluang dan risiko, yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

Hasil analisis ini dapat digunakan sebagai rekomendasi untuk meningkatkan kekuatan serta mempertahankan peluang, dan pada saat yang bersamaan mengurangi kelemahan sekaligus menghindari potensi ancaman.

Analisis SWOT juga dapat dikatakan sebagai alat yang berguna dalam kegiatan analisis strategis. Analisis ini dapat membantu perusahaan untuk meminimalkan kerentanan dan mengurangi dampak ancaman yang mereka hadapi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa manfaat SWOT Analysis diantaranya sebagai berikut :

  1. Perusahaan akan lebih memahami kekuatannya dan akan membuat rekomendasi untuk perbaikan.
  2. Sebuah perusahaan dapat mengidentifikasi peluang dan akan mempertahankannya.
  3. Perusahaan mengetahui kelemahan dan sedang mencari solusi untuk menguranginya.
  4. Perusahaan menyadari adanya potensi ancaman dan sedang mencari solusi untuk menghindari ancaman ini.

Cara Membuat SWOT Analysis

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang analisis SWOT sebelum Anda mulai membangunnya. Analisis SWOT dalam pembuatannya mempertimbangkan dua hal penting, yaitu faktor eksternal dan faktor internal.

Terdapat dua langkah utama yang dapat dilakukan untuk melaksanakan analisis SWOT, yaitu :

  • Pertama, jelaskan keempat komponen utama dari analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, dan risiko).
  • Kedua, setelah menguraikan keempat faktor tersebut, maka langkah selanjutnya adalah membuat strategi berdasarkan dengan matriks SWOT.

Baca Juga : Rasio Likuiditas

1. Uraikan ke 4 Unsur dari Analisis SWOT

Jika ingin melakukan sebuah analisis SWOT, maka kita perlu untuk menyusun daftar pertanyaan yang akan dijawab oleh diri kita sendiri terlebih dahulu, yaitu sebagai berikut :

Strength (Kekuatan)

  • Apa kelebihan perusahaan atau organisasi kita?
  • Apakah yang membuat perusahaan atau organisasi kita lebih baik daripada perusahaan atau organisasi lain?
  • Apa yang membuat perusahaan atau organisasi kita unik?
  • Bagaimana cara perusahaan kami mencapai penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan konsumen sebagai keuntungan?

Weakness (Kelemahan)

  • Apa yang harus kita tingkatkan dalam perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang harus dihindari perusahaan atau organisasi kita?
  • Faktor apa yang menyebabkan kerugian penjualan?
  • Apa yang dilihat atau dirasakan konsumen sebagai kelemahan dalam perusahaan atau organisasi kita?
  • Apa yang dilakukan oleh para pesaing sehingga mereka lebih baik daripada perusahaan atau organisasi kita?

Opportunities (Peluang)

  • Peluang apa yang kita lihat?
  • Tren pengembangan apa yang sejalan dengan perusahaan atau organisasi kita?

Threats (Ancaman)

  • Kendala apa yang kita hadapi sekarang?
  • Apa yang dilakukan pesaing di perusahaan atau organisasi kita?
  • Perkembangan teknologi apa yang mengancam perusahaan atau organisasi kita?
  • Apakah ada perubahan dalam peraturan pemerintah yang mengancam perkembangan perusahaan atau organisasi kita?

2. Buatlah strategi analisis SWOT

Analisis SWOT dapat diterapkan dengan cara menganalisis serta memilih berbagai macam hal yang mempengaruhi keempat faktor tersebut dan kemudian menerapkannya pada gambar matriks SWOT.

Analisis SWOT - Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, Contoh

Dengan adanya daftar tersebut kita harus dapat mengembangkan berbagai strategi berikut ini :

  1. Bagaimana kita dapat menggunakan kekuatan yang ada saat ini?
  2. Dengan cara apa kita bisa mengatasi kelemahan (Weaknessess) yang mencegah kita dari mengeksploitasi peluang yang ada (manfaat)?
  3. Bagaimana kekuatannya mampu menghadapi berbagai kendala atau ancaman (threats) yang ada.
  4. Cara mengatasi kelemahan yang bisa menciptakan ancaman baru bagi suatu perusahaan.

Contoh Dari Analisis SWOT

Berikut adalah beberapa contoh Analisis SWOT yang akan saya sampaikan, kami harap ini dapat membantu, yaitu sebagai berikut :

Contoh 1 : SWOT Analysis mengenai Diri Sendiri

Misalnya, seorang siswa bernama Vishal Aji yang baru saja lulus dan ingin menjadi seorang Gamers. Komponen dalam contoh analisis SWOT kepada diri sendiri :

Strenght (Kekuatan)

  • Seseorang yang memiliki keterampilan desain sangat baik
  • Suka bermain game online dan menonton film
  • Mudah bergaul atau berhubungan baik dengan seseorang
  • Selalu berpegang teguh dengan apa yang dikatakan
  • Tipe pekerja keras yang tidak menyerah akan segala hal
  • IPK = 3,30
  • Seseorang yang terlalu memperhatikan penampilan agar terlihat menarik
  • Saya pernah berpartisipasi dalam perlombaan game Mobile Lagend
  • Hasil desain selalu dihargai oleh banyak orang
  • Bertanggung jawab untuk diri sendiri dan orang lain
  • Dapat mengelola dan mengatur keuangan dengan baik

Weakness (Kelemahan)

  • Kurang memahami bahasa Inggris
  • Kurang percaya diri saat berbicara di depan umum
  • Sulit untuk membuat keputusan dengan cepat
  • Diabaikan dan sering tidak sabar
  • Kurang memperhatikan hal-hal kecil
  • Cenderung mementingkan diri sendiri
  • Saya sering lupa sesuatu
  • Dukungan finansial bukanlah hal yang baik
  • Cara berbicara yang tidak mudah untuk dipahami oleh orang lain

Opportunities (Kesempatan)

  • Perlombaan game online yang berlangsung secara teratur
  • Banyak perusahaan dan pihak berwenang membutuhkan desainer
  • Perkembangan teknologi baru
  • Kebutuhan akan desainer di Indonesia yang terus berkembang
  • Dukungan luar biasa yang diberikan dari teman serta keluarga

Threats (Ancaman)

  • Banyak pemain game online yang lebih berpengalaman
  • Banyak lulusan universitas terkenal
  • Meningkatkan persaingan di antara pemain lain
  • Penghasilan langsung dan harus segera menikah

Membuat Strategi

Strategi SO

  • Berpartisipasilah dalam pelatihan game online di luar negeri
  • Cobalah untuk membangun bisnis Anda dan fokus pada kualitas dan layanan
  • Teruslah berlatih untuk meningkatkan akurasi permainan
  • Lebih mudah bergaul untuk menjadi moderator program pemerintah

Strategi WO

  • Mulai sekarang, tingkatkan belajar bahasa Inggris
  • Buat rencana sederhana untuk masa depan
  • Lipat gandakan puasa sunnah untuk mengendalikan emosi
  • Tabungan untuk modal tambahan usaha kecil-kecilan di rumah dan menikah

Strategi ST

  • Tingkatkan jaringan atau hubungan untuk memperkuat persahabatan dan mendapatkan informasi tentang tawaran pekerjaan dan game online
  • Buat portofolio sebaik mungkin
  • Cari pekerjaan freelance untuk menambah pengalaman kerja
  • Memperdalam pengetahuan dengan terus belajar dan juga belajar

Strategi WT

  • Mulai mengikuti aktivitas pelatihan pemain game online
  • Mulai dan belajar berbicara di depan umum
  • Disiplin dan pelajari manajemen waktu dengan baik
  • Mulai dengan benar dalam segala hal

Contoh 2 : Analysis SWOT bisnis Pakaian Online

Di bawah ini terdapat beberapa contoh analisis swot dari toko baju milik sendiri.

Strengths (Kekuatan)

  • Sebagai produsen sekaligus distributor Boutique Linda, dapat menurunkan harga produksi sehingga produk yang dipasarkan memiliki harga yang sangat kompetitif.
  • Penjualan merek-merek fashion muslim grosir dan eceran modern dengan harga bagus dan kualitas yang sangat berkualitas
  • Memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan merek lain dengan harga yang sangat terjangkau
  • Linda Boutique memiliki konveksi sendiri, sehingga dapat dengan mudah mengurangi biaya produksi dengan memfasilitasi kontrol kualitas produk
  • Linda Boutique juga menjalankan bisnis online yang memfasilitasi pemasaran.

Weakness (Kelemahan)

  • Kurangnya kreatifitas departemen dari sumber daya manusia yang dimiliki
  • Departemen sumber daya manusia bahkan kurang profesional dan tidak optimal di bidang manajemen produksi, manajemen bisnis, administrasi dan keuangan
  • Linda Boutique terkenal sebagai toko yang menjual berbagai produk secara grosir, sehingga akan sangat sulit untuk menaikkan harga
  • Iklan dan juga promosi tidak dilakukan secara teratur
  • Konveksi masih menggunakan peralatan dan mesin semi-tradisional.

Opportunities (Peluang)

  • Indonesia adalah negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, sehingga menjadikannya sebagai target pasar modal yang besar
  • Wanita Muslim yang menggunakan jilbab terus meningkat, sehingga target pasar semakin luas
  • Lokasi butik yang sangat strategis
  • Tren ke arah penggunaan pakaian Muslim terus mengambil keuntungan dari peluang dan meningkatkan produktivitas dan diversifikasi produk.

Threats (Ancaman)

  • Ekonomi yang sering tidak stabil mengubah daya beli masyarakat
  • Kebijakan naiknya harga bahan baku akan berdampak kuat pada biaya produksi dan harga jual
  • Persaingan harga di pasar semakin ketat
  • Sebagian besar pesaing bekerja dengan seniman terkenal untuk membawa produk mereka ke komunitas yang lebih luas
  • Perusahaan baru terus muncul untuk memperluas daftar pesaing.

Contoh 3 : Analisis SWOT Perusahaan Makanan Ringan

Misalnya perusahaan makanan ringan seperti Citatos :

Strength (kekuatan)

  • Area distribusi sangat besar
  • Menggunakan mesin yang sudah terjamin kebersihannya
  • Bisa dicapai oleh pengecer dengan harga yang relatif murah
  • Sudah terkenal di lingkungan masyarakat

Weakness (kelemahan)

  • Banyaknya rasa yang membingungkan konsumen dalam memilihnya
  • Permintaan pasar sangat tinggi dan terkadang tidak terpenuhi secara optimal

Opportunity (peluang)

  • Banyak orang yang suka makan makanan ringan
  • Kolaborasi dengan perusahaan yang sama
  • Tingkatkan jangkauan konsumen dengan mulai mengekspor produk ke luar daerah dan bahkan ke luar negeri

Threats (ancaman)

  • Jumlah perusahaan lain yang memiliki ruang iklan sangat besar
  • Banyak konsumen lebih tertarik pada produk lain dari perusahaan pesaing

Baca Juga : Contoh Analisis Data

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Analisis SWOT?

Analisis SWOT adalah sebuah teknik perencanaan strategis yang berguna untuk menilai kekuatan dan kelemahan, peluang dan ancaman yang terdapat di suatu perusahaan, baik itu dalam perencanaan saat ini ataupun yang baru.

Mengapa suatu perusahaan perlu melakukan Analisis SWOT?

Karena analisis SWOT digunakan untuk menganalisa tentang kekuatan dan kelemahan yang dimiliki oleh suatu perusahaan yang dilakukan melalui penelitian terhadap kondisi internal perusahaan.

Serta melakukan analisa tentang peluang dan juga ancaman yang akan dihadapi oleh suatu perusahaan yang dilakukan melalui penelitian terhadap kondisi eksternal dari suatu perusahaan.

Siapa yang pertama kali memperkenalkan Analisis SWOT?

Analisis SWOT pertama kali diperkenalkan oleh Albert S. Humphrey pada tahun 1960-an, yang saat itu ia sedang memimpin sebuah proyek penelitian di Stanford Research Institute dengan menggunakan data dari perusahaan-perusahaan Fortune 500.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini mengenai Analisis SWOT – Pengertian, Manfaat, Cara Membuat, Contoh. Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah wawasan kita semua.