Alat Transportasi

Posted on

Contoh Alat Transportasi – Istilah Transportasi sudah tidak asing lagi ditelinga kita, sebab kita sudah menggunakannya didalam kehidupan sehari-hari, guna menunjang semua kebutuhan hidup.

Namun, sebenarnya apasih Transportasi itu? Transportasi merupakan sebuah proses pemindahan atau pengangkutan manusia, hewan, dan barang, dari satu tempat menuju ke tempat lain dengan menggunakan alat transportasi.

Lantas, apa itu Alat Transportasi? Pada kesempatan kali ini Rumus.co.id akan memberikan penjelasan mengenai hal tersebut beserta dengan yang ada didalamnya.

Alat Transportasi

Definisi Alat Transportasi

Alat Transportasi adalah sebuah alat atau kendaran yang digunakan untuk mempermudah proses pemindahan atau pengangkutan manusia, barang dan hewan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Sarana transportasi yang ada di seluruh dunia semuanya saling berhubungan satu sama lain dan memiliki kelebihan serta kekurangannya dengan tujuan untuk mengurangi beban manusia.

Hampir semua kegiatan yang dilakukan orang sehari-hari terkait dengan penggunaan struktur transportasi. Fasilitas ini memudahkan orang untuk berpindah tempat atau barang ke tujuan tertentu.

Baca Juga : Alat Musik Tradisional

Unsur – Unsur Means of Transportation

Dibawah ini terdapat beberapa unsur yan melandasi Alat Transportasi, yaitu sebagai berikut :

  • Manusia, yang membutuhkan Means Of Transportation untuk kegiatan sehari-hari.
  • Barang, yang dibutuhkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Kendaraan, adalah salah sebuah sarana yang dapat membantu pekerjaan manusia.
  • Jalan, merupakan prasarana untuk jalur transportasi.
  • Organisasi, adalah sebuah anggota yang melakukan pengelolaan terhadap kegiatan transportasi.

Fungsi Dari Means Of Transportation

Terdapat beberapa fungsi dari Means Of Transportation didalam kehdiupan manusia, diantaranya adalah :

  1. Sebagai sarana yang dapat memfasilitasi berbagai jenis aktivitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Untuk mempercepat proses perpindahan manusia atau barang yang dibituhkan oleh manusia.
  3. Sebagai sarana pendukung pembangunan di suatu daerah.
  4. Untuk mendukung pengembangan ekonomi di suatu negara dengan layanan transportasi.

Macam – Macam Alat Transportasi

Alat Transportasi

Terdapat beberapa macam Sarana Transportasi yang dibagi menjadi 3 jenus, yaitu diantaranya adalah :

1. Sarana Transportasi Udara

Transportasi udara merupakan semua bentuk sarana atau fasilitas, yang tugasnya adalah untuk memindahkan, mengangkut atau memindahkan penumpang dan barang menggunakan ruang udara sebagai jalur lalu lintasnya.

Jenis-Jenis Air Transport

  • Biplane, merupakan salah satu jenis transportasi udara yang memiliki dua tumpuk sayap yang berada di bagian atas dan juga bagian bawah dari badan pesawat.
  • Air Balloon (Balon Udara), merupakan salah satu jenis alat transportasi udara yang berupa sebuah balon yang diisi dengan udara panas sehingga balon tersebut dapat terbang keudara.
  • Airliner, adalah salah satu jenis sarana transportasi yang umumnya digunakan untuk mengangkut penumpang dari satu tempat ke tempat lainnya. Misalnya seperti Lion Air, Pesawat Garuda, Citilink Airlines dan masih banyak lagi.
  • Fighter Aircraft, merupakan salah satu jenis media transportation yang dirancang agar bisa bergerak dengan bebas di udara dengan kemampuan bermanuver supernya. Misalnya seperti Hal Amca, Shenyang J-31, HAL Sukhoi PMF/FGFA dan masih banyak lagi.
  • Aerobatic Aircraft, merupakan salah satu sarana transportation yang biasanya digunakan untuk berakrobatik diudara. Di indonesia sendiri jenis transportation ini digunakan untuk perasayaan HUT TNI, yang dikendarai oleh para pilot dari AU.

Baca Juga : Alat Komunikasi Tradisional

2. Sarana Transportasi Darat

Transportasi darat merupakan suatu kendaraan yang digunakan untuk membantu segala macam keguatan manusia yang menggunakan jalan darat sebagai media lalu lintasnya untuk mengangkut barang ataupun penumpang.

Sebelum adanya perkembangan teknologi, masyarakat menggunakan hewan sebagai media transportation untuk mengangkut barang. Namun, seiring berjalannya waktu masyarakat sudah menggunakan sarana transportation yang digerakkan dengan mesin.

Jenis-Jenis Land Transportation

  1. Bus, adalah salah satu sarana transportation yang memiliki 8 roda, bergerak menggunakan mesin dan mampu menampung hingga 65 orang. Trasnportation ini berfungsi untuk mengangkut penumpang dari satu tempat ketempat lain.
  2. Mobil, adalah salah satu sarana transportation yang memiliki 4 roda, bergerak menngunakan mesin, dan mampu menampung hingga 10 orang.
  3. Kereta Api, adalah salah satu sarana transportation rel yang bergerak menggunakan mesin diesel dan terdiri dari serangkaian gerbong kereta yang ditarik sepenjang jalur kereta api yang digunakan untuk mengangkut penumpang atau barang.
  4. Sepeda Motor, adalah salah satu transportation darat yang memiliki 2 roda atau lebih, digerakkan menggunakan mesin, dan mampu menampung sekitar 2-3 orang dewasa.

3. Sarana Transportation Air

Transportasi Air adalah segala bentuk sarana atau fasilitas yang bertugas untuk memindahkan, mengangkut atau memindahkan penumpang dan barang menggunakan perairan sebagai jalur lalu lintasnya.

Jenis-Jenis Water Transportation

  • Sampan, adalah salah satu transportation air tradisional yang terbuat dari beberapa buah bilah papan yang dijadikan satu dan digerakkan secara manual tanpa mesin.
  • Gethek, merupakan salah satu sarana transportation tradisional yang terbuat dari bambu yang disambung menjadi satu yang digerakkan dengan setonggak bambu sebagai dayungnya.
  • Kapal, adalah salah satu kendaraan yang berfungsi untuk mengangkut penumpang dan barang di jalur laut, sungai dan lain sebagainya. Sama seperti sampan atau perahu yang lebih kecil, umumnya Kapal memiliki ukuran yang cukup besar guna membawa perahu yan kecil seperti sekoci.  
  • Kapal Selam, adalah salah satu kendaraan yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya kapal ini digunakan untuk tujuan dan juga kepentingan militer.

Manfaat Means Of Transportation

Terdapat beberapa manfaat dari Sarana transportasi yang ada didunia ini, yaitu sebagai berikut :

1. Bagi Ekonomi Suatu Negara

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa hampir seluruh kegiatan perekonomian yang dilakukan oleh suatu negara membutuhkan jasa angkutan yang berfungsi untuk memindahkan barang, manusia, dan juga hewan.

2. Manfaat Bagi Sosial

Terdapat manfaat Sarana Transportasi dibidang Sosial, diantaranya adalah :

  • Untuk menjadi struktur layanan bagi masyarakat, baik secara individu maupun dalam kelompok.
  • Dapat digunakan sebagai peluang komersial di sektor transportasi atau jasa perjalanan seperti ojek online, taksi online, dan banyak lagi.
  • Memudahkan seseorang untuk berbagi informasi dari setiap wilayah.

3. Manfaat Bagi Kedaerahan

Sebagai contoh, Indonesia adalah sebuah negara yang terdiri dari pulau-pulau yang memisahkan antara daerah satu dengan daerah lainnya. Sehinggal hal inilah yang membuat sarana transportasi sangat bermanfaat, terutama transpotasi air atau laut.

4. Dibidang Politis

Sarana transportasi juga memiliki manfaat dibidang politis, terutama di negaraIndonesia, yaitu sebagai berikut :

  1. Semakin meningkatkan keamanan negara Indonesia.
  2. Untuk memfasilitasi perluasan layanan masyarakat.
  3. Memudahkan untuk akses ke lokasi tertentu, misalnya seperti jika sedang terjadi bencana.

Baca Juga : Maintenance Adalah

F.A.Q

Apa yang dimaksud dengan Alat Transportasi?

Alat Transportasi adalah sebuah alat atau kendaran yang digunakan untuk mempermudah proses pemindahan atau pengangkutan manusia, barang dan hewan dari satu tempat ke tempat lainnya.

Transportasi menurut Steenbrink adalah?

Transportasi merupakan suatu proses perpindahan orang atau barang dari suatu lokasi ke lokasi yang terpisah secara geografis.

Apa yang dimaksud dengan Trasnportasi Public?

Transportasi Public adalah semua alat transportasi di mana seseorang tidak menggunakan kendaraannya saat ingin bepergian. Misalnya seperti Angkutan Kota, Bus, Trans, dan masih banyak lagi.

Demikianlah pembahasan dari artikel kali ini, semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru untuk kita semua.