Alat Pernapasan Manusia

Posted on

Hallo sobat kembali lagi dengan kami dari rumus.co.id akan mengulas artikel tentang Alat Pernapasan Manusia – lengkap pengertian, contoh, gambar, ciri – ciri, struktur dengan golongannya supaya mudah di pahami.

Alat Pernapasan Manusia – Hal ini merupakan sebuah dari lapisan sel dalan rongga tubuh manusia yang memiliki bagian utama yang dapat membetuk struktur memiliki bagian – bagian anatomi yang berbeda dari barbagai manfaat dan fungsinya, lansung saja simak ulasan artikel kami dibawah ini.

Apa Itu Pernapasan Manusia

Alat-Pernapasan-Manusia

Bernafas adalah pertukaran gas antara makhluk hidup (organisme) dengan lingkungannya sehingga melakukan pernapasan dapat diartikan sebagai proses menghirup oksigen dengan melepaskan karbon dioksida dan uap air.

Alat Pernapasan Manusia ini juga sebagai zat dengan permintaan yang tinggi yang akan diperoleh dari udara di sekitarnya dengan pertukaran gas antara makhluk hidup dengan organisme sebagai proses menghirup oksigen dari udara.

Baca Juga: Batang Monokotil

7 Alat Pernafasan Manusia

Alat-Pernapasan-Manusia-1

Dari pembahasan di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa struktur alat pernafasan manusia diantaranya adalah sebagai berikut.

Organ pernapasan adalah sebuah bagian dari tubuh manusia yang bertindak sebagai alat pernapasan sehingga dapat bernafas melalui oksigen (O2) akan masuk ke dalam tubuh dari karbon dioksida (CO2).

1. Hidung ( Cavum Navalis )

hidung

Hidung adalah sebuah alat pernapasan manusia yang paling jelas yanbg akan terlihat diudara denbgan saluran dua lubang hidung dengan fungsi yang berbeda.

Sekilas salauran keduanya memiliki saluran udara yang berbeda dengan volume besar dan kecil, sebagai saluran pernapasan volume yang kecil dengan kecepatan yang lambat.

Di dalam lubang hidung dengan selaput lendir dengan yang akan menyaring udara yang masuk dan menghilangkan partikel yang tidak perlu, untuk menghangatkan udara yang masuk.

Baca Juga: Pembelahan Meiosis

2. Faring

Faring

Faring atau Tenggorokan adalah sebuah perluasan dari hidung yang dimulai dari laring yang utama yang akan mengarahkan masuk dan keluarnya udara dengan oksigen dan karbon dioksida.

Dan akan berfungsi mengantarkan makanan atau minuman ke tubuh manusia sehingga dapat berbicara karena udara yang mengalir masuk dan keluar sebagai salaran suara.

3. Laring

Laring adalah salah satu jalan sebuah pernafasan yang mengarah ke trakea dan dikelilingi oleh tabung yang membentuk jakun sehingga dapat mencegah benda asing memasuki saluran udara pada saat bernafas dan kebisingan.

Baca Juga: Hewan Herbivora

4. Trakea

Trakea adalah sebuah perluasan faring dan terdiri dari tulang rawan yang memanjang sekitar 10 cm dari leher ke rongga dada dengan serangkaian cincin yang memanjang sekitar 16 hingga 20 cincin.

Trakea akan ditutupi oleh selaput lendir dan silia yang dapat digunakan untuk menjaga kotoran keluar dari udara sehingga dapat masuk ke paru-paru.

5. Bronkus

Bronkus adalah sebuah dihubungkan oleh bronkus yang akan dibagi menjadi dua sebagai struktur bronkial berupa tulang rawan dengan otot yang polos dan bercabang lagi menjadi potongan-potongan sel yang kecil.

Dalam hal ini juga Bronkus disebut sebagai tulang rawan dan berdinding tipis, didalam tubuh manusia.

6. Pulmo ( Paru-Paru )

Paru-paru

Pulmo atau paru-paru adalah salah satu bagian dari sistem pernapasan, sebagai sistem ekskresi yang dapat melepaskan karbon dioksida dan uap air melalui metabolisme dalam tubuh.

Paru-paru yang terletak di rongga dada kiri dan kanan dan dilindungi oleh tulang rusuk yang dapat meresap udara untuk diedarkan ke bagian paru-paru yang akan dilakukan oleh bronkiolus.

7. Bronkiolus

Bronkiolus adalah salah satu alat yang dapat di jadikan pernapasan dan alat terkait dengan tenggorokan sering terjadi sehingga memiliki ukuran yang kecil sebagai bagian penting dari sistem pernapasan.

Bronkiolus juga sering terlibat dalam diskusi tentang sistem pernapasan, dengan tahapan skala yang kecil dan tidak detail.

Nah demikianlah yang dapat kami samapaikan pembahasan tentang Alat Pernapasan Manusia, lengkap dengan contoh dan gambar, semoga apa yang sudah kami samapiakan ini dapat menambah wawasan kita semua, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Hewan Karnivora