Alat Pemuas Kebutuhan

Posted on

Alat Pemuas Kebutuhan – Setelah di pembahasan yang sebelumnya, kita sudah mengetahui dan memahami berbagai macam kebutuhan manusia. Namun, ada baiknya kita juga harus mengetahui apa saja alat-alat yang digunakan untuk pemuas kebutuhan.

Alat Pemuas Kebutuhan

Alat pemuas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia umumnya disebut sebagai produk, baik itu berupa barang ataupun jasa.

Sebelum kita tahu tentang berbagai cara memuaskan kebutuhan, alangkah baiknya jika kita tahu terlebih dahulu pemahaman akan kebutuhan yang memuaskan alat dalam bentuk barang dan jasa.

Definisi Alat Pemuas Kebutuhan Barang dan Jasa

Barang : Alat pemuas kebutuhan barang merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya dapat dilihat serta diraba.

Jasa : Alat pemuas kebutuhan berupa jasa merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang wujudnya tidak dapat dilihat, namun fungsinya bisa dirasakan serta dinikmati. 

Macam – Macam Alat Pemuas Kebutuhan

Pada dasarnya, alat-alat yang digunakan sebagai pemuas keperluan manusia dibedakan berdasarkan dengan hal-hal mendasarinya, yaitu diantaranya adalah :

1. Satisfaction Needs Berdasarkan Kaitannya Dengan Benda Lain

  1. Barang komplementer, merupakan Satisfaction Needs manusia yang dapat dirasakan manfaatnya apabila digunakan bersama-sama dengan alat lain. Misalnya seperti kendaraaan yang tidak bisa di pakai apabila tidak memiliki bahan bakar.
  2. Barang Substitusi, merupakan Satisfaction Needs manusia yang pemanfaatannya berfungsi untuk menggantikan barang lain atau saling menggantikan satu sama lain. Misalnya seperti apabila sabun cuci bubuk harganya mahal, bisa digantikan dengan sabun cuci krim.

2. Satisfaction Needs Berdasarkan Wujudnya

  • Barang Konkrit, merupakan Satisfaction Needs manusia yang wujudnya bisa diraba, dilihat ataupun dirasakan. Misalnya seperti Pakaian, Makanan, Minuman, Rumah dan masih banyak lagi
  • Barang Abstrak, merupakan Satisfaction Needs manusia yang wujudnya tidak bisa dilihat ataupun diraba, namun tetap dapat dirasakan manfaatnya. Misalnya seperti Jasa Supir Taksi, Guru, Dokter, Petani dan masih banyak lagi.

Baca Juga :
Jenis – Jenis Kebutuhan
Jenis – Jenis Produksi
Administrasi Keuangan

3. Satisfaction Needs Berdasarkan Cara Mendapatkannya

  • Barang Ekonomi, merupakan Satisfaction Needs yang berjumlah lebih sedikit daripada jumlah dari kebutuhan manusia itu sendiri serta untuk mendapatkannya membutuhkan pengorbanan tertentu. Pengorbanan tersebut umumnya berupa biaya. Misalnya seperti Rumah, Emas, Lemari, HP, Laptop dan masih banyak lagi.
  • Barang Bebas, merupakan Satisfaction Needs yang jumlahnya lebih banyak sehingga tidak membutuhkan pengorbanan tertentu, karena dapat diperoleh dengan cara bebas. Misalnya seperti Air laut, Pasir di gurun pasir, Es di kutub dan masih banyak lagi.
  • Barang Illith, merupakan alat yang berfungsi sebagai pemuas keperluan manusia yang memiliki jumlah sangat berlimpah, sehingga dapat memberikan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan di lingkungan masyarakat. Misalnya seperti, apabila air memiliki jumlah yang sangat berlebihan maka dapat menimbulkan bencana banjir.

4. Satisfaction Needs Berdasarkan Cara Pengolahannya

  1. Barang mentah, merupakan alat yang berfungsi sebagai pemuas keperluan yang belum melalui proses produksi. Misalnya seperti Batu Bara, Kapas, Timah, Tebu dan masih banyak lagi.
  2. Produk setengah jadi, merupakan alat pemuas keperluan yang dihasilkan bahan mentah yang sudah mengalami proses produksi, namun bukan sebagai produk akhir karena masih akan diolah kembali. Misalnya seperti benang rajut yang akan dijadikan sebagai tas atau dompet rajut.
  3. Barang jadi, merupakan alat yang berfungsi sebagai pemuas keperluan manusia dalam bentuk yang sudah siap pakai atau digunakan dalam rangka memenuhi keperluan individu. Misalnya seperti Pakaian, Sepatu, Tas dan masih banyak lagi.

5. Satisfaction Needs Berdasarkan Fungsinya

  • Barang Konsumsi, merupakan alat yang berfungsi sebagai pemuas kebutuhan yang dapat digunakan secara langsung dalam rangka memenuhi keperluan manusia, sehingga bisa dirasakan serta dinikmati fungsinya setelah melalui proses produksi sebelumnya. Seperti Pakaian, Makanan, Minuman dan masih banyak lagi.
  • Barang Produksi, merupakan alat yang berfungsi sebagai pemuas kebutuhan manusia yang tidak bisa digunakan secara langsung dalam rangka memenuhi keperluan manusia. Karena harus mengalami proses produksi serta memproduksi barang lain terlebih dahulu. Seperti kain yang hendak dipakai untuk membuat sebuah pakaian.

6. Satisfaction Needs Berdasarkan Sifatnya

  • Barang Bergerak, merupakan alat yang digunakan sebagai pemuas keperluan manusia yang berfungsi sebagai jaminan untuk memperoleh hutang jangka pendek. Misalnya seperti Motor, Mobil, Sepeda dan lainnya.
  • Barang Tidak Bergerak, adalah alat yang berfungsi sebagai pemuas keperluan manusia yang berfungsi sebagai jaminan untuk memperoleh hutang jangka panjang. Misalnya seperti Sertifikat Rumah, Tanah, Surat Saham dan lainnya.

F.A.Q

Alat Pemuas Kebutuhan adalah?

Satisfaction Needs merupakan sebuah media yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, umumnya disebut sebagai produk, baik itu berupa barang ataupun jasa.

Jenis-jenis dari Satisfaction Needs menurut Kualitasnya adalah?

1. Barang Superior, merupakan alat yang berfungsi sebagai pemuas kebutuhan manusia yang mempunyai kualitas sangat tinggi. 
2. Barang Inferior, merupakan alat yang berfungsi sebagai pemuas kebutuhan manusia yang mempunyai kualitas barang dan harga rendah.

Fungsi dari Alat Satisfaction Needs adalah?

1. Time Utility, artinya digunakan di waktu tertentu.
2. Element Utility, artinya memiliki fungsi dasar.
3. Form Utility, artinya memiliki fungsi jika sudah berubah bentuk.

Itu dia, ulasan artikel kali ini mengenai pemahaman tentang Alat Pemuas Kebutuhan. Semoga bermanfaat, terimakasih.