Alat Musik Melodis

Posted on

Assalamualaikum,,, sobat kali ini rumus.co.id akan menyampaikan materi tentang Alat Musik Melodis tradisional lengkap dengan pengertian, jenis, ciri ciri, fungsi , contoh dan gambar supaya mudah di pahami.

Alat Musik Melodis – adalah salah satu karya seni yang bebentuk alat sebagai alat tradisional yang dapat dimainkan dengan cara memetik dan meniup atau lainsebagainya, Alat musik ini juga biasanya dapat digunakan dalam mengiringi tarian dan mengiringi lagu tradisional.

Langsung saja simak artikel di bawah ini…?

Musik Melodis Adalah

Alat-Musik-Melodis

Alat musik melodi adalah salah satu alat musik yang membunyikan melodi dalam lagu, tetapi umumnya tidak dapat memainkan dengan cara sendirian sendirian.

Alat musik melodi juga tidak dapat di maikan sendirian karena hal ini harus di mainkan secara kelompok atau regu, sehingga disertai dengan alat musik lainnya.

Dengan kata lain, alat musik melodi dimaksudkan untuk menjadi alat musik yang dapat menghasilkan nada atau notasi do, re, mi, fa, so la, si yang dapat melengkapi nada yang dihasilkan oleh alat musik berirama.

Untuk meningkatkan keindahan irama alat musik melodi harus dilengkapi dengan alat musik yang ritmis dan harmonis sehingga ritmis dan harmonis dapat memiliki nada dan irama yang dapat berkontribusi pada keindahan instrumen melodi.

Penggunaan alat musik melodi secara umum merupakan penentu dalam dirinya sendiri, dan dapat diartikan sebagai alat musik dengan irama atau nada yang memiliki fungsi untuk mengatur nada dalam sebuah lagu.

Alat musik melodi memiliki banyak jenis alat tradisional hingga yang modern dan dapat dikelompokkan sesuai dengan cara dalam memainkan musinya.

Baca Juga: Alat Musik Tradisional

Cara Memainkan Alat Musik Melodis

Alat musik melodi dibagi menjadi beberapa jenis dengan instrumen yang dimainkan adalah sebagai berikut:

1. Dipetik – Dalam memainkan instrumen dengan melodi serta dapat memilihnya seperti gitar, kecapi, mandolin dan sasando

2. Ditiup – Dalam hal ini juga alat yang dimainkan menggunakan alat musik melodi dengan meniupnya Contoh seperti piano dan seruling

3. Ditekan – Dalam memainkan alat musik yang terdapat dalam melodi dengan menekan adalah seperti piano dan akordeon

4. Digesek – pada saat akan memainkan alat musik dengan melodi seperti menggesekkan adalah biola.

5. Dihisap – Dalam hal ini pada saat akan menghidupkan alat musik dengan dihisap misalnya suka harmonika.

Baca Juga: Seni Rupa Murni

Contoh Alat Musik Melodis

Dari beberapa pembahasan di atas maka kami juga akan memberikan beberapa contoh alat musik melodi lengkap dengan gambar diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Biola

Biola

Biola adalah contoh alat musik melodi yang dimainkan dengan cara menggesekkan yang memiliki 4 senar yang sebagai instrumen interval yang sempurna (G-D-A-E).

Karena nada tinggi dan rendah yang dihasilkan sebagai instrumen dengan nada yang dikenal klasik.

2. Akordion

Akordion

Aalat musik melodi akordeon adalah salah satu jenis alat yang sejenis organ yang dimainkan dengan cara digantung di badan dan pemain menekan tombol akor.

Sementara tangan kanannya memainkan melodi lagu dengan alat musik oleh C.F.L.

3. Bonang

Bonang

Bonang adalah alat musik tradisional Jawa, yang karena fungsinya juga digolongkan sebagai alat musik melodi. Instrumen ini dimainkan dengan cara memukul dan selalu hadir di pertunjukan boneka Jawa dan upacara dan melengkapi hiburan rakyat.

Baca Juga: Seni Teater

4. Angklung

Angklung

Angklung adalah contoh alat musik melodi tradisional Sunda yang dikenal di seluruh dunia sebagai Warisan Dunia alat musik ini, terbuat dari bambu dan dimainkan dengan menciptakan suara melodi yang diciptakan oleh bambu dengan kayu di dalamnya.

Jenis Angklung dibagi menjadi 15 jenis adalah:

  • Angklung Kanekas
  • Angklung Reog
  • Angklung Banyuwangi
  • Angklung Bali
  • Angklung Dogdog Lojor
  • Angklung Gubrag
  • Angklung Badeng
  • Angklung Buncis
  • Angklung Badud
  • Angklung Bungko
  • Angklung Padaeng
  • Angklung Sarinande
  • Angklung Toel
  • Angklung Sri Murni

5. Suling

Suling

suling adalah alat musik tradisional yang berasal dari Jawa Barat alat musik melodi ini dapat menciptakan notasi atau nada yang bagus saat bermain dan alat ini benar-benar dimainkan melalui gelembung.

6. Kecapi

Kecapi

Kecapi sama halnya alat melodis seperti aAngklung hal ini merupakan salah satu alat tradisional budaya Sunda yang dimainkan dengan memetik, instrumen ini akan menghasilkan melodi yang sangat bagus dan dapat dimainkan secara individual.

7. Sasando

Sasando

Sasando adallah salah satu jenis alat musik gesek yang berasal dari Pulau Rote (NTT) sebagai karya yang luar biasa oleh leluhur Indonesia di masa lalu hal ini dapat menghasilkan melodi dengan suara yang bagus.

Baca Juga: Jenis – Jenis Seni Rupa

Fungsi Alat Musik Melodi

Alat musik melodi dapat bertindak sebagai alat dengann pengaturan suara dalam musik atau lagu sehingga alat musik melodi akan meningkatkan nada dari berbagai variasi.

Alat musik melodi ini juga dapatberfungsi sebagai unutk mengibur dan menekan, goyang, menyeka dan mengisap.

Demikianlah sobat ulasan singkat dari kami mengenai alat musik melodis lengkap dengan contoh alat musik melodis nya, semoga apa yang sudah kami sampaikan diatas, bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Baca Juga: Seni Musik Adalah