Agrikultur Adalah

Posted on

Agrikultur Adalah – Saat ini sudah dijumpai berbagai cara untuk melakukan peningkatan serta pengembangan dalam proses produksi pangan pada sektor pertanian, salah satunya yaitu dengan menerapkan sistem tanam Agrikultur.

Agrikultur Adalah

Praktek dari Agrikultur ini dipilih oleh masyarakat karena diyakini dapat memberikan produk pertanian yang berkualitas tinggi. Tidak hanya pada tanaman, tetapi juga pada hewan.

Namun, sebenarnya apa arti dari Agrikultur itu? Arti dari Agrikultur menjadi pertanyaan yang sangat sering muncul, ketika sedang membahas mengenai pertanian maupun perkebunan.

Untuk mengetahui secara jelas mengenai Agriculture beserta dengan hal-hal terkait di dalamnya. Pada pembahasan kali ini, Rumus.co.id akan men-jabarkan tentang istilah Agriculture tersebut, yuk simak pembahasannya…

Agrikultur Adalah?

Agrikultur adalah salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh manusia dalam rangka untuk mendapatkan pangan melalui penggunaan sumber daya hayati. Pemanfaatan SDH tersebut dilaksanakan dengan tujuan agar dapat memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Istilah Agriculture sering diartikan sebagai Pertanian yang merupakan cabang ilmu biologi yang mengarahkan individu atau kelompok untuk memanfaatkan SDH dengan baik dan benar.

Kegiatan penggunaan dari sumber daya hayati meliputi bagaimana cara bercocok tanam dengan baik, membesarkan ternak hingga menggunakan bio enzim yang dapat digunakan dalam memproses produk-produk lanjutan.

Hal tersebut dapat dilihat di Indonesia, bahwa produk dari hasil pertanian atau perkebunan dapat mencapai 14,43% hingga 15%. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu kunci dari perekonomian yang ada di Indonesia.

Baca Juga :
Bioteknologi Konvensional Dan Modern
Daur Biogeokimia
Bioteknologi – Pengertian, Jenis, Contoh dan Manfaat

Sektor – Sektor Dalam Bidang Agrikultur

Agrikultur Adalah

Sesuai dengan definisi dari Agriculture yang ada diatas, berikut ini merupakan penjelasan dari sektor-sektor yang terdapat dalam Agriculture, yaitu diantaranya adalah :

1. Sektor Tumbuhan Pangan

Produk yang termasuk ke dalam sektor tumbuhan pangan, yaitu Padi. Padi adalah tanaman yang memiliki hasil tertinggi di Indonesia. Selain beras, terdapat beberapa hasil dari tanaman pangan yang lainnya adalah sayuran, jagung, ubi, buah dan masih banyak lagi.

2. Sektor Perkebunan

Sektor perkebunan di dalam Agriculture adalah salah satu sektor yang mengalami pertumbuhan yang lebih konstan dibandingkan dengan sektor lainnya. Dimana area perkebunan dengan hasil perkebunan berbanding lurus satu sama lain.

Sehingga hasil perkebunan di Indonesia menjadi faktor yang sangat penting dalam upaya meningkatkan pendapatan pemerintah jika hasil perkebunan di negara itu termasuk barang ekspor.

Contoh produk dari sektor perkebunan ini adalah karet, kelapa sawit, kakao, teh, kelapa dan lainnya.

3. Sektor Kehutanan

Produk dari sektor kehutanan ini biasanya dalam bentuk kayu. Produksi kayu itu sendiri di negara ini harus mematuhi peraturan dari pihak-pihak yang berhubungan, dalam hal ini pihak tersebut berupa Kementerian Lingkungan Hidup dan juga Kehutanan.

Sebab, jika produksi kayu tidak terkendali atau dilakukan secara sembarangan, maka dapat berakibat buruk pada kelestarian alam yang hampir punah.

4. Sektor Peternakan

Salah satu sektor dari bidang Agriculture yang satu ini termasuk kedalam salah satu usaha skala kecil yang umumnya dilakukan oleh masyarakat pedesaan. Sektor peternakan yang ada di Indonesia umumnya dibedakan menjadi dua golongan menurut ukuran dari hewan ternaknya.

Golongan pertama yaitu peternakan hewan besar yang terdiri dari sapi, kerbau, kuda dan juga uyang. Sedangkan, pada golongan kedua ini adalah peternakan kecil yang terdiri dari bebek, ayam, entok dan jenis dari unggas lainnya.

Produk yang dihasilkan dalam sektor peternakan tersebut umumnya berupa daging, susu dan juga telur

5. Sektor Perikanan

Indonesia tidak hanya dikenal sebagai negara agraris saja, tetapi juga dikenal sebagai negara maritim (Selandia Baru) karena memiliki luas permukaan air hingga mencapai 3,25 juta Km2.

Perikanan juga merupakan salah satu sektor yang ada di dalam bidang Agriculture yang memainkan peran cukup penting di dalam struktur sosial dan juga ekonomi Indonesia.

Di sektor perikanan, tidak hanya ikan saja yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik, namuan udang, ganggang dan mutiara juga termasuk dalam sektor perikanan, yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan domestik.

Kesimpulan

Meskipun di dalam bidang Agriculture terdapat beberapa sektor yang terpisah, namun tanaman pangan masih menjadi fokus perhatian dari pemerintah saat ini guna meningkatkan hasil pangan.

Sebab, jika mengingat bahwa Indonesia merupakan negara penghasil beras, namun negara ini masih tetap mengandalkan impor beras dari luar negara.

F.A.Q

Apa itu Agrikultur?

Agrikultur merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh manusia dalam rangka untuk mendapatkan pangan melalui penggunaan sumber daya hayati.

Jenis dari Agrikultur berdasarkan dengan tujuannya, terdiri dari?

1. Industrial Agriculture
2. Organic agriculture
3. Traditional Agriculture

Produk yang dihasilkan dari sektor-sektor Agriculture adalah?

1. Tanaman pangan : Misalnya seperti padi, singkong, jagung, kentang, sayur-sayuran, ubi, buah-buahan serta semua produk olahan yang berasal dari hasil tumbuhan pangan.
2. Perkebunan : Misalnya seperti kakao, teh, kopi, kelapa, tebu, kelapa sawit serta semua produk olahan yang berasal dari hasil perkebunan.
3. Kehutanan : Misalnya seperti kayu, gondorukem, gaharu, madu, rotan serta semua produk olahan yang berasal dari hasil kehutanan.
4. Peternakan : Misalnya seperti daging, telur, susu, bulu hewan ternak, kulit hewan serta semua produk olahan yang berasal dari hasil peternakan.
5. Perikanan : Misalnya seperti ikan, kerang, udang, ganggang, mutiara serta semua produk olahan yang berasal dari hasil perikanan.

Nah itulah informasi singkat yang disampaikan dalam pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih