Administrasi Keuangan

Posted on

Administrasi Keuangan – Istilah yang satu ini merupakan salah satu unsur terpenting dalam dunia bisnis, sebab istilah ini berhubungan erat dengan sumber daya dari suatu organisasi atau perusahaan.

Administrasi Keuangan

Namun, tak jarang juga dari kita yang masih belum memahami tentang arti dari Administrasi Keuangan yang sebenarnya. Sebab, mereka sering mengartikan bahwa staff ini berkaitan dengan kegiatan pembayaran.

Pada pembahasan kali, kita akan membahas secara rinci mengenai Financial Administration beserta dengan hal-hal yang berhubungan didalamnya.

Definisi Administrasi Keuangan

Administrasi Keuangan sering diartikan sebagai pengelolaan dari segala aktivitas yang berkaitan dengan uang, dana dan juga pembayaran dalam rangka untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan ataupun organisasi.

Umumnya hal ini berkaitan dengan pencatatan dari pemasukan serta pengeluaran biaya dari berbagai aktivitas organisasi atau perusahaan, dimana berupa sebuah manajemen keuangan atau akuntansi.

Dapat dikatakan bahawa kehidupan dari suatu perusahaan sepenuhnya dipegang oleh pegawai Financial Administration. Dalam hal ini, otoritas pengawas harus memilih petugas manajemen keuangan yang tepat serta hati-hati saat mengelola keuangan dari satu perusahaan.

Financial Administration Dalam Arti Luas Dan Sempit

Berikut ini definisi dari Financial Administration secara luas dan juga sempit, yaitu diantaranya adalah :

1. Dalam Artian Luas

Manajemen keuangan dalam arti luas adalah pedoman yang berkaitan dengan pelaksanaan dan penggunaan dana dalam suatu organisasi untuk menciptakan aktivitas organisasi.

Hal tersebut termasuk ke dalam bentuk berupa sebuah manajemen keuangan yang terdiri dari perencanaan, regulasi, akuntabilitas dan juga pengawasan keuangan.

2. Dalam Artian Sempit

Manajemen Keuangan dalam arti yang lebih sempit yaitu mencakup semua kegiatan yang sehubungan dengan pencatatan dari pendapatan serta pengeluaran untuk pembiayaan berbagai kegiatan organisasi dalam bentuk manajemen keuangan dan akuntansi.

Baca Juga :
Tugas Resepsionis
Tugas HRD
Visi Dan Misi

Tujuan Financial Administration

Pada dasarnya, tujuan dari adanya Administrasi Keuangan yaitu memproses serta mengatur keuangan dari suatu organisasi atau perusahaan supaya sistem keuangan dalam unit bisnis dapat dilaksanakan dengan baik.

Sehingga hal tersebut dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya berdasarkan dengan ketetapan yang berlaku. Berikut ini tujuan lain Dari Financial Administration, yaitu diantaranya adalah :

  • Memudahkan dalam proses mengeluarkan serta memasukkan uang pada suatu perusahaan atau organisasi.
  • Kegiatan transaksi keuangan akan semakin mudah.
  • Setiap melakukan transaksi tentunya terdapat bukti yang bisa dipertanggung jawabkan.
  • Dapat dengan mudah untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Fungsi Dari Administrasi Keuangan

Terdapat beberapa fungsi dari adanya Administrasi Keuangan daam suatu perusahaan, yaitu sebagai berikut :

1. Investment Function

Artinya Financial Administration berfungsi sebagai wadah untuk menyimpan debit atau dana perusahaan yang nantinya akan digunakan untuk kebutuhan dari suatu perusahaan.

Investasi yang ada dalam Administrasi Keuangan umumnya dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu sebagai berikut :

  • Long Term Investment, yaitu aset perusahaan dengan nilai tinggi yang digunakan untuk kebutuhan dari suatu perusahaan di masa depan. Misalnya seperti kas, tanah, alat produksi, persediaan dan lain sebagainya.
  • Short Term Investment, yaitu aset milik perusahaan yang penggunaannya rendah sehingga habis lebih cepat disebut investasi jangka pendek. Misalnya seperti kas, hutang piutang, persediaan dan lain sebagainya.

2. Shopping Function

Fungsi yang satu ini berarti bahwa administrasi keuangan memiliki kepercayaan untuk membelanjakan dana atau debit suatu perusahaan yang digunakan untuk kebutuhan perusahaan.

Dalam hal ini, staf manajemen keuangan akan membelanjakan dana perusahaan dengan sebijak-bijaknya.

3. Profit Sharing Function

Fungsi yang satu ini artinya Financial Administration akan diberikan kepercayaan untuk membuat serta menentukan aturan di dalam urusan pembagian keuntungan yang didapatkan.

4. Fundraising Function

Fungsi yang satu ini umumnya digunakan untuk menyediakan dana kepada perusahaan sehingga kebutuhan perusahaan dapat dipenuhi. Hal ini dapat diartikan sebagai mencari sponsor dan penyumbang untuk perusahaan.

Tugas – Tugas Seorang Financial Administration

Administrasi Keuangan

Seorang staff Financial Administration tentunya memiliki beberapa tugas atau peran khusus dalam suatu perusahaan atau organisasi, yaitu diantaranya adalah :

1. Menciptakan Rencana Keuangan

Pada dasarnya, rencana keuangan ini meliputi banyak elemen, termasuk pendapatan, pembayaran serta pinjaman, yang dibuat secara sistematis dan juga terstruktur. Pembuatan draft ini biasanya didasarkan dari hasil laporan atau arsip dari periode sebelumnya.

2. Membuat Laporan Keuangan

Penyusunan laporan keuangan tahunan ini adalah tugas dan tanggung jawab utama bagi karyawan Financial Administration. Persiapan ini berlangsung secara bertahap dari harian, mingguan, bulanan hingga tahunan.

Semuanya dilakukan berdasarkan dari hasil aktivitas atau aliran biaya masuk, keluar, utang, dan lain sebagainya.

3. Mengelola Uang Tunai

Pengelolaan dari uang tunai atau modal ini biasanya menjadi tanggung jawab dari manajemen keuangan.

Tugas yang harus dilakukan dalam hal ini yaitu melaporkan setoran atau penarikan, membuka rekening, menentukan jumlah setoran serta mencatat semua transaksi yang terkait dengan uang tunai perusahaan.

4. Mengelola Kredit atau Pinjaman

Tidak hanya beberapa tugas yang ada diatas saja, tetapi petugas Financial Administration juga harus mengelola pinjaman atau kredit yang menjadi beban dari suatu perusahaan.

Umumnya berhubungan dengan memberikan tagihan-tagihan serta melakukan pembayaran atas hutang-piutang yang dimiliki oleh suatu perusahaan.

F.A.Q

Apa itu Administrasi Keuangan?

Administrasi Keuangan sering diartikan sebagai pengelolaan dari segala aktivitas yang berkaitan dengan uang, dana dan juga pembayaran dalam rangka untuk mencapai tujuan dari suatu perusahaan ataupun organisasi.

Komponen yang terdapat didalam Financial Administration yaitu?

1. Financial planning
2. Budgeting Financial
3. Financial Management
4. Search Financial
5. Financial Storage
6. Financial Control
7. Audit

Macam – Macam petugas Administrasi Keuangan yaitu?

1. Sekretaris merupakan salah satu profesi administratif yang bersifat asisten atau mendukung.
2. Bendahara yaitu seseorang yang bertugas untuk menyimpan buku sekaligus mengelola keuangan di suatu organisasi atau pendaftar.
3. Finance Manager adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk menerima serta mengulas laporan kas dan juga menyetujui permintaan uang tunai.

Nah, dari penjelasan yang ada di atas dapat disimpulkan bahwa Administrasi Keuangan merupakan unsur terpenting dalam suatu perusahaan. Semoga ulasan singkat ini bermanfaat bagi para pembaca.