5 Rumusan Dasar Negara Ir Suekarno, M Yamin, Suepomo

Posted on

Rumus.co.id – Sebelumnya kita sudah membahas mengenai 5 dasar negara dalam piagam Jakarta dan 5 dasar negara dalam pembukaan UUD 1945. Kali ini kita akan membahas mengenai 5 rumusan dasar negara yang sah, menurut Ir Suekarno, Muh Yamin, dan Mr Suepomo. Berikut adalah penjelasannya dan naskah rumusan dasar negara.

5 rumusan dasar negara

Dasar negara Indonesia adalah Pancasila. Ada beberapa tokoh dan naskah yang berpendapat untuk merumuskan isi dari Pancasila. Rumusan yang di sampaikan secara lisan maupun tulisan pada beberapa kali sadang. Pancasila adalah lima dasar yang di jadikan perjanjian luhur dan di sepakati oleh pendiri bangsa Indonesia.

Dalam piagam Jakarta ada dasar negara yang di letakkan pada alinea ke empat. Rumusan dasar negara dalam piagam Jakarta yang di susun oleh panitia Sembilan pada sidang 22 Juni 1945. Sedangkan rumusan dasar negara dalam pembukaan UUD 1945 terletak pada alinea ke empat. Pancasila yang sah di sebutkan dalam UUD 1945 yang di buat tanggal 18 Agustus 1945 keesokan harinya setelah merdeka.

5 rumusan dasar negara

Rumusan Dasar Negara Ir Suekarno

Rumusan dasar negara Ir Suekarno pada saat itu di jadikan hari Pancasila yaitu tanggal 1 Juni 1945. Dalam rumusannya Ir suekarno menyebutkan 5 dasar negara Indonesia antara lain sebagai berikut:

  • Kebangsaan Indonesia
  • Internasionalisme atau peri kemanusiaan
  • Mufakat atau demokrasi
  • Kesejahteraan sosial
  • Ketuhanan yang berkebudayaan

Rumusan Dasar Negara Muh Yamin

Rumusan dasar negara Muh Yamin ada dua pernyataan yaitu lisan dan tertulis. Berikut ini adalah rumusan dasar negara yang diajukan oleh Muhammad Yamin yang diajukan secara lisan pada tanggal 29 Mei 1945.

  1. Peri kebangsaan
  2. Peri kemanusiaan
  3. Peri Ketuhanan
  4. Peri kerakyatan
  5. Kesejahteraan rakyat

Rumusan dasar Negara yang diajukan oleh Muh. Yamin  yang diajukan secara tertulis:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa
  2. Kebangsaan Persatuan Indonesia
  3. Rasa kemanusiaan yang adil dan beradab
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
  5. keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Rumusan Dasar Negara Mr Suepomo

Rumusan dasar negara Mr Suepomo pada tanggal 31 Meni 1945 berikut adalah rumusannya:

  1. Persatuan
  2. Kekeluargaan
  3. Keseimbangan lahir dan batin
  4. Musyawarah
  5. Keadilan rakyat

Tiga pendapat di atas merupakan dasar dan bahan untuk merumuskan dasar negara. Kemudian BPUPKI mengadakan rapat pada tanggal 29 Meni – 1 Juni 1945 untuk membahas mengenai dasar negara yang dihasilkan piagam Jakarta. Dalam piagam Jakarta pada alinea ke empat dasar negara di sebutkan. Tetapi naskah piagam Jakarta belum fiks untuk dasar negara Indonesia.

Selanjutnya PPKI tanggal 18 Agustus 1945 mengadakan rapat untuk membahas mengenai dasar negara Indonesia, dalam hal ini dasar negara Indonesia akan di sebutkan pada pembukaan UUD 1945 pada alinea ke empat. Pada saat itu di sahkan dan di jadikan dasar negara hingga sekarang.

Rumusan Dasar Negara Pancasila yang Sah

Rumusan yang sah berdasarkan sistematis yang benar terdapat pada UUD 1945 dan di sahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945. Berkaitan dengan hal tersebut, Presiden Republik Indonesia telah mengeluarkan Instruksi No. 12/1968 pada 13 April 1968. Dalam Instruksi tersebut ditegaskan bahwa tata urutan (sistematika) dan rumusan Pancasila sebagai berikut.

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa.
  2. Kemanusiaan yang adil dan beradab.
  3. Persatuan Indonesia.
  4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan.
  5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga:

5 Rumusan Pancasila dalam Naskah Piagam Jakarta

5 Rumusan Pancasila dalam Pembukaan UUD 1945

Demikian pembahasan mengenai 5 rumusan dasar negara yang sah, menurut Ir Suekarno, Muh Yamin, dan Mr Suepomo.Terima kasih sudah mengunjungi rumus.co.id, kunjungi terus rumus.co.id banyak sekali artikel-artikel menarik dan bermanfaat tentunya.

Materi Terkait: