1 Liter Berapa ml

Posted on

1 Liter Berapa ml ? Pernah mendapat pertanyaan seperti ini? Tentu jawabanya akan berbeda dengan 1 kodi berapa buah ? atau 1 Liter Berapa Kg ? yang sudah kita bahas pada materi sebelumnya. Berikut ini akan kami jelaskan secara detail dengan konversi dalam bentuk tabel dan beberapa contoh soal, Untuk lebih jelasnya simak pembahasan di bawah ini.

Besaran volume (isi) benda bisa dinyatakan di dalam berbagai satuan volume seperti misalnya meter kubik, liter, kaki kubik, gallon, dan lain sebagainya.

Satuan volume di dalam sistem internasional (SI) yaitu meter kubik. Memahami tentang satuan volume bisa dapat membantu memperkirakan jumlah volume benda di dalam suatu ruang ataupun suatu wadah. Kita dapat lebih mudah membayangkan seberapa banyak 1 liter daripada membayangkan banyak air 1 gayung.

Meskipun satuan liter bukan satuan SI tetapi amat populer dan banyak dipakai sebagai satuan volume. Satuan liter mempunyai kesetaraan langsung dengan satuan SI yaitu 1 liter = 1 decimeter kubik. Satuan liter umumnya lebih populer dipakai untuk menyatakan volume benda cair, benda gas, dan benda padat dalam sebuah bentuk butiran (beras, jagung, pupuk, dsb).

1Liter Berapa ml ?

Air adalah senyawa yang sering terlihat dan jumlahnya amat melimpah di bumi. Dikarenakan sifatnya yang amat mudah berubah bentuk dan mudah dijumpai, konversi satuan pada air sangat dibutuhkan untuk memudahkan manusia di dalam menghitung dan menganalisa air. berikut adalah satuan air yang umum dipakai beserta konversinya kebentuk lain.

Satuan Liter
Konversi Lainya
1 liter1 dm3
1 liter1000 cc
1 liter1000 ml
1000 liter1 m3
1 ml1000 mm3
1 liter1 kg
1000 liter1 m3
0,1 liter100 gram
1 liter1 dm3

Agar mudah menghafal, pahamilah memakai pendekatan sehari-hari, seperti dibawah ini :

Jika memiliki punya bak mandi dengan ukuran 1m x 1m x 1m, maka volume air yaitu sama dengan 1000 liter

Jika membeli air minum mineral sebanyak 1 liter, maka volume air sama dengan 1000 cc / 1000 ml

Berat 1 kg air di dalam kantong plastik mempunyai volume air sebanyak 1 liter.

Konversi Satuan Volume

Konversi satuan yaitu mengubah dari satuan kepada satuan lainnya. Terdapat beberapa satuan volume yang berbeda berbasis liter antara lain kiloliter, hektoliter, dekaliter, deciliter, centiliter, milliliter, dan lain sebagainya.

Jika kita membeli bahan bakar minyak misalnya minyak solar maka volumenya dinyatakan di dalam satuan liter. Obat-obat cair misalnya sirup obat batuk maka dinyatakan di dalam satuan milliliter. Mengubah dari satuan dari liter ke milliliter atau sebaliknya disebut menjadi konversi satuan.

Konversi satuan umumnya dilakukan untuk menyederhanakan satuan, contohnya angka yang besar disederhanakan dengan memakai satuan yang lebih besar.

Misalnya 2.000 liter air akan disederhanakan menjadi 2 kiloliter air. Konversi satuan dilakukan untuk mengikuti satuan standar. Misalnya orang dapat lebih mudah membayangkan sejumlah 1/2 liter air daripada 50 deciliter air padahal volumenya tetap sama.

Manfaat Tangga Konversi Satuan Liter

Tangga konversi satuan liter dapat membantu untuk mempermudah pemahaman mengenai satuan satuan volume yang berbasis liter. Berikut ini adalah beberapa manfaat tangga konversi satuan liter.

  1.  Menunjukkan nama satuan volume yang berbasis liter
  2.  Menunjukkan pada urutan satuan volume yang berbasis liter
  3.  Menunjukkan faktor konversi satuan volume yang berbasis liter
  4.  Menjadi rujukan pada konversi satuan volume yang berbasis liter

Simbol Satuan Volume Berbasis Liter

Satuan volume biasa ditulis memakai simbol satuan. Simbol satuan volume berbasis liter adalah singkatan huruf-huruf pada satuan tersebut. Simbol-simbol itu antara lain yaitu :

Simbol Satuan Volume Berbasis Liter
kl kiloliter
hl hektoliter
dal dekaliter
liter
dl deciliter
cl centiliter
mlmilliliter

Contoh Soal

Contoh Soal 1

Sebuah truk tangki dapat mengangkut 5 kiloliter minyak solar. Berapa liter minyak solar yang dapat diangkut oleh truk tangki tersebut?
Jawab:

konversi kiloliter ke liter
konversi kiloliter ke liter

1 kl sama dengan 1.000 liter
5 kl sama dengan 5 x 1.000 liter
Maka minyak solar yang diangkut truk tangki adalah 5.000 liter

Contoh Soal 2

Jika diketahui 1 botol air mineral memiliki isi 600 ml. Berapa volume air mineral di dalam botol itu dalam liter?
Jawab:

konversi mililiter ke liter
konversi mililiter ke liter

1 ml sama dengan 1:1.000 ml
600 ml sama dengan 600:1.000 l
= 0,6 liter
Maka volume air mineral di dalam botol adalah 0,6 liter

Contoh Soal 3

Jika diketahui sebuah kaleng cat memiliki isi 2,5 liter. Berapakah ml volume cat di dalam kaleng ?
Jawab:

1 l sama dengan 1.000 ml
2,5 l sama dengan 2,5 x 1.000 ml
= 2.500 ml
Maka volume cat dalam kaleng adalah 2.500 ml

Demikianlah penjelasan mengenai artikel ini, Semoga bermanfaat.